Server 4 Disdukcapil Disusupi Peretas, Ini Penjelasan Kemendagri

Dita Angga R, Sindonews · Senin 07 Juni 2021 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 337 2421510 server-4-disdukcapil-disusupi-peretas-ini-penjelasan-kemendagri-YP0FNiRvst.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Server di empat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) diduga telah menjadi target serangan peretas jahat. Empat Disdukcapil tersebut yakni Kabupaten Malang, Pemerintah Kabupaten Subang, Pemerintah Kota Bogor, dan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah mengatakan hal tersebut sudah diselesaikan sejak pekan lalu.

“Sudah teratasi sejak pekan lalu. Pekan lalu sudah kita mitigasi risiko yaitu dengan mematikan jaringan yang menggunakan internet publik untuk layanan online, agar diperkuat dengan firewall dan sistem pengamanan lainnya,” katanya, Senin (7/6/2021).

Baca Juga:  KSP Minta Kasus Kebocoran Data Pribadi Diusut Tuntas

Dia mengatakan, telah mengevaluasi layanan di empat disdukcapil karena kurangnya pengamanan terhadap data. “Empat layanan online dukcapil tersebut saya evaluasi karena kurang secure dalam aspek pengamanan data,” tuturnya.

Zudan telah meminta daerah untuk menjaga servernya masing-masing. Dia juga mengingatkan agar pengamanan data terus diperkuat.

“Saya sudah zoom dengan 548 daerah pekan lalu dan menegaskan bahwa mereka para kepala dinas bertanggung jawab penuh terhadap data pada server lokal masing-masing. Saya juga ingatkan untuk penguatan pengamanan data,” pungkasnya.

Baca Juga: Mantan Jubir KPK Febri Diansyah Ngaku Akun WhatsApp Miliknya Tak Bisa Diakses

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini