Terlatih dan Mematikan, Ini Cikal Bakal Berdirinya Pasukan Komando Baret Merah

Tim Okezone, Okezone · Selasa 08 Juni 2021 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 337 2421508 terlatih-dan-mematikan-ini-cikal-bakal-berdirinya-pasukan-komando-baret-merah-zmLDuTRGwR.jpg Foto: Okezone

SETIAP 16 April diperingati sebagai hari Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Kopassus dalam perjalanannya mencatatkan sejarah panjang sejak 1950. Bagaimana sejarah panjang terbentuknya Kopassus? Berikut rangkumannya berdasarkan dari data libang MNC Portal yang dihimpun dari beragam sumber.

(Baca juga: Kisah Kopassus Selamatkan Pasukan Elite Spanyol, Hampir Terpanggang Senjata Anti-Tank)

1950

Terjadi pemberontakan oleh kelompok Republik Maluku Selatan (RMS) di Maluku. Operasi pemberontakan ini dipimpin Panglima Tentara Teritorium III Kolonel Inf. A.E. Kawilarang. Sedangkan komandan operasinya adalah Letkol Slamet Riyadi. Operasi ini berhasil menumpas kelompok pemberontakan, tetapi tidak sedikit pihak TNI yang menjadi korban.

(Baca juga: Kisah Ajaib Prajurit Kopassus Selamat dari Ledakan Granat di Palagan Timor)

Peristiwa ini yang mengilhami Letkol Slamet Riyadi untuk mempelopori pembentukan satuan pemukul. Satuan ini diharapkan dapat digerakkan secara cepat dan tepat untuk menghadapi berbagai sasaran di segala medan. Namun cita-cita Letkol Slamet Riyadi tidak dapat terwujud karena gugur di salah satu pertempuran. Cita-cita Letkol Slamel akhirnya diteruskan oleh Kolonel Inf. A.E. Kawilarang.

16 April 1952

Melalui Instruksi Panglima Tentara dan Teritorium III No.55/Instr/PDS/52, terbentuklah Kesatuan Komando Teritorium III yang merupakan cikal bakal Korps Baret Merah. Komandan pertama dipercayakan kepada Mayor Mochammad Idjon Djanbi.

1953

Mengalami perubahan nama menjadi Komando Angkatan Darat (KKAD).

1955

Berubah nama menjadi Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD).

1966

Kembali berganti nama menjadi Pusat Pasukan Khusus TNI-AD (PUSPASUS TNI-AD).

1971

Satuan tersebut berganti menjadi Komando Pasukan Sandi Yudha (KOPASSANDHA).

1985-2021

Satuan ini berganti nama menjadi Komando Pasukan Khusus (KOPASSUS).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini