Ngerinya Lonjakan Kasus di Kudus-Bangkalan: Pasien Covid-19 Bertambah Ratusan dalam Sepekan

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 07 Juni 2021 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 337 2421355 ngerinya-lonjakan-kasus-di-kudus-bangkalan-pasien-covid-19-bertambah-ratusan-dalam-sepekan-HeRPi4hq2U.jpg Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan 'ngerinya' penularan virus corona di Kudus, Jawa Tengah dan Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Diketahui kedua daerah tersebut tengah mengalami lonjakan Covid-19.

Kata Budi, keterisian tempat tidur isolasi di rumah sakit kedua daerah tersebut mengalami lonjakan drastis.

"Kudus yang sebelumnya rumah sakitnya hanya terisi sekitar 40-an, kemudian dalam 1,5 minggu terakhir naik cukup tinggi sampai sekitar 350-an. Demikian juga di Bangkalan yang tadinya tempat tidur isolasinya pasien sekitar 10-an, sekarang dalam 1,5 minggu naik ke angka 70 sampai 80-an," kata Budi usai mengikuti rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/6/2021).

Baca juga: Menkes Minta Ganjar Bantu Bupati Kudus Tangani Kasus Covid-19 yang Melonjak

Budi berujar, kenaikan kasus corona di Kudus disebabkan oleh aktivitas ziarah. Sedangkan di Bangkalan disebabkan oleh banyaknya pekerja migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Tanah Air.

Pemerintah pusat pun sudah turun tangan ke daerah tersebut. Ia menginstruksikan agar pasien bergejala berat dan sedang di dua daerah itu dirujuk ke rumah sakit yang berada di daerah sekitar. Tujuannya untuk mengurai beban rumah sakit yang ada di Kudus dan Bangkalan.

"Kita mengurai tekanan beban yang ada di rumah sakit dengan cara kita merujuk pasien-pasien yang berat dan sedang ke kota terdekat untuk Kudus ke Semarang, untuk Bangkalan ke Surabaya, dan Alhamdulillah kapasitas rumah sakit di Semarang dan kapasitas RS di Surabaya itu cukup," pungkasnya.

Baca juga: Menkes: Puncak Kasus Covid-19 Diperkirakan Akhir Juni

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini