Lonjakan Kasus Pascalibur Lebaran, Keterisian Tempat Tidur RS Covid-19 di Kalbar Capai 66%

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 07 Juni 2021 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 337 2421321 lonjakan-kasus-pascalibur-lebaran-keterisian-tempat-tidur-rs-covid-19-di-kalbar-capai-66-6GK7FqNF2W.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pascalibur lebaran, sejumlah daerah mengalami lonjakan kasus Covid-19. Hal ini pun berdampak pada kenaikan Bed Occupancy Ratio (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit-rumah sakit rujukan Covid-19.

“Bahwa memang angka kasus Covid-19 beberapa minggu terakhir ini nampaknya ada beberapa provinsi yang perlu diperhatikan karena meningkat,” kata Sekjen Perhimpunan RS Indonesia (PERSI), dr. Lia G. Partakusuma secara virtual, Senin (7/6/2021).

Lia mengatakan, saat ini keterisian tempat tidur di Kalimantan Barat (Kalbar) lebih dari 60%. “Dan ada beberapa provinsi yang kalau di kita diistilahkan ada di zona kuning karena keterisiannya lebih dari 60% ya, contoh ada di Kalimantan Barat. Nah memang, seluruh provinsi di Indonesia ini tidak sama kenaikannya, tapi yang angka nya memang cukup banyak,” ungkapnya.

Hal ini senada dengan data yang dikeluarkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19, bahwa ada 7 provinsi dengan tingkat BOR tertinggi diatas 50% yakni di Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Riau, dan Sumatera Selatan.

Baca juga: Sri Mulyani Waspadai Lonjakan Kasus Covid-19 saat Libur Anak Sekolah

Lia mengatakan, pihaknya juga telah diminta oleh Kementerian Kesehatan untuk menyiapkan tambahan tempat tidur bila tingkat keterisian sudah di atas 30%.

“Kami diminta oleh teman-teman di Kementerian Kesehatan untuk mulai menambah jumlah tempat tidur. Ada yang kira-kira tempat tidur sudah 30% maka kita harus sudah harus menyiapkan tambahan untuk tempat tidur Covid ya,” paparnya

Ia menambahkan bahwa tingkat keterisian tempat tidur tertinggi saat ini di Kalimantan Barat dengan 66%. “Artinya harus lebih hati-hati untuk menyiasati kebutuhan ruang tempat tidur di rumah sakit," imbuhnya.

“Tapi bukan berarti provinsi lain yang BOR-nya tinggi, nah ini yang kami mohon juga diperbaiki. Dan dari Kementerian Kesehatan juga sudah merekam mana saja rumah sakit-rumah sakit yang tingkat keterisian rumah sakitnya tinggi. Nah ini mohon juga untuk rumah sakit-rumah sakit segera menyiapkan tempat tidur dan ruang isolasi tersebut,” tutur Lia.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak Pasca-Lebaran, 31 Ribu Tempat Tidur Isolasi Terisi

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini