Share

Yayasan Tabung Wakaf yang Didirikan Ustadz Abdul Somad Biayai Pendidikan, Kemanusiaan dan Ekonomi Umat

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Senin 07 Juni 2021 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 337 2421211 yayasan-tabung-wakaf-yang-didirikan-ustadz-abdul-somad-biayai-pendidikan-kemanusiaan-dan-ekonomi-umat-stZy4u9CsD.jpg Ustad Abdul Somad (UAS).(Foto:Dok Okezone)

PEKANBARU - Yayasan Tabung Wakaf Umat (YTWU) yang didirikan Ustadz Abdul Somad (UAS) telah membiayai 16 program yang sudah dibuat YTWU. Baik dalam bidang pendidikan, sosial, dakwah, kemanusiaan, dan ekonomi umat, yang terangkum dalam program wakaf.

Dana yang berhasil dihimpun dari umat melalui zakat, infaq, sedekah, maupun wakaf mencapai Rp10 miliar. Dana umat tersebut digunakan untuk membiayai program wakaf.

Ustadz Abdul Somad (UAS) yang merupakan Pendiri dan Pembina Yayasan YTWU, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus yayasan atas terkumpulnya dana untuk umat. Dia menjelaskan, dana Rp 10 miliar merupakan dana yang dikumpulkan selama satu tahun.

Baca Juga: Ustadz Abdul Somad Dirikan Rumah Quran Gratis untuk Ummat di Kampar Riau

"Bulan Maret 2020 lockdown. April 2020 selama Ramadhan full di ruko. Menyampaikan kajian online di YouTube. Bulan Mei 2020 shalat Idul Fithri di halaman rumah. Pada 6 Juni 2020 Halal bi halal. Numpang di Markaz Dakwah Nusaibah. Empat unsur berkumpul; Sahabat UAS, alumni Al Azhar Mesir, alumni IAIN Susqo Riau 1996, dan Jama'ah inti. Sebanyak 35 orang bersama. Setelah satu tahun terkumpul dana hampir Rp10 miliar, dan 15 program berjalan. Ini kekuatan jamaah,” ujar UAS, Senin (7/6/2021).

Ketua YTWU, Ustadz Alnof Dinar menjelaskan, bahwa hari ini merupakan hari jadi YTWU yang pertama.

“Alhamdulillah, keberadaan YTWU sudah mulai dirasakan. Ini bisa kita lihat dari kepercayaan masyarakat untuk menyalurkan wakafnya melalui yayasan ini," ujar Ustadz Alnof Dinar.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Dia menjelaskan, selama satu tahun berkiprah, wakaf yang yang diberikan jamaah, yakni wakaf pembangunan Pesantren Nurul Azhar Rumbai, Pekanbaru. Wakaf Pembebasan Lahan Islamic Center. Wakaf pembangunan Pesantren at-Tauhid Suku Talang Mamak, Riau. Wakaf renovasi Rumah Qur'an Nurul Azhar. Wakaf Mushaf Al-Qur'an, wakaf kitab dan wakaf produktif.

“Kita juga telah menjalankan program sedekah bagi pesantren, dhuafa dan fakir miskin, yakni sedekah beras melalui program yang kita sebut Program SPBU,” ujar alumni Al Azhar Mesir ini, sambil menjelaskan bahwa, SPBU itu singkatan dari Sedekah Pangan Bersama Ustadz Abdul Somad.

Alnof menjelaskan, program lain yang telah dijalankan di YTWU yakni, tebar hewan kurban bersama UAS, maidatur rahman Ramadhan, infaq paket lebaran untuk dhuafa Lansia, infaq kafalah guru mengaji, infaq orang tua asuh S

santri penghafal Al-Qur'an, Infaq Lhitan Ceria Peduli Umat, Infaq Perlengkapan Santri, dan Infaq Bedah Rumah Dhuafa.

“Kita juga menerima zakat mal yang diamanahkan penyalurannya melalui YTWU,” imbuhnya.

Sementara itu Tatang Yudiansyah, Ketua Pembina YTWU, setelah rapat tahunan menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk selalu memantau.

"Mohon selalu pantau, awasi, dan bantu kami dalam menjalankan dan mengelola dana umat di Yayasan Tabung Wakaf Umat ini," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini