Prananda Dampingi Megawati saat Peresmian Patung Bung Karno, Regenerasi PDIP?

Agregasi Solopos, · Senin 07 Juni 2021 06:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 337 2421127 prananda-dampingi-megawati-saat-peresmian-patung-bung-karno-regenerasi-pdip-un38zlH9Mc.jpg Megawati (tengah), Prabowo (kiri), dan Prananda Prabowo (kanan) saat peresmian Patung Bung Karno di Kemennhan. (Twitter/@saktitrenggono)

JAKARTA - Dalam persemian patung Bung Karno di halaman kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), kemarin, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, terlihat menampilkan putranya, Prananda Prabowo.

Tampilnya Prananda disebut sebagai simbol regenerasi poltik. Mungkinkah Prananda Prabowo yang akrab disapa Nanan itu segera menempati posisi strategis PDIP selanjutnya?

Dalam prosesi peresmian patung Bung Karno berkuda yang bertepatan dengan ulang tahun presiden pertama Indonesia itu, Prananda Prabowo terlihat selalu mendampingi Megawati.

"(Hanya didampingi Prananda merupakan) satu dari banyak sekali tanda-tanda Bu Mega mempersiapkan Puan Maharani lebih konsentrasi di luar partai politik, di jabatan publik," kata pengamat politik Hendri Satrio, Minggu (6/6/2021).

Hendri menyebutkan, Prananda yang juga putra kedua Megawati telah menjalankan jantung PDI Perjuangan sebagai kepala situation room.

"Nanan selama ini ada di jantungnya PDIP, sebagai kepala situation room, memang dipersiapkan sebagai penerus Megawati di dalam partai," kata Hendri.

Penegasan Puan di luar PDIP itu, kata dia, dengan tur jabatan yang dilakukan Puan. Putri bungsu Megawati itu telah menjabat eksekutif sebagai menteri koordinator hingga ketua Dewan Perwakilan Rakyat 2019-2024. Prananda Prabowo kemungkinan bakal ditempatkan Megawati di tampung internal partai.

"Bu Mega mempersilakan Puan jadi legislatif di eksekutif. Sedangkan Nanan di-grooming di partai," tegasnya.

Partai Terkuat

Pembicaraan calon presiden kembali mengemuka setelah sejumlah lembaga survei merilis temuannya di lapangan. PDI Perjuangan dinilai sebagai salah satu partai terkuat karena telah dua kali memenangi Pemilu secara berurutan.

Baca Juga : Momen Mesra Megawati dan Prabowo saat Peresmian Patung Bung Karno

Sementara itu, calon presiden paling tinggi dikenal publik saat ini dipegang oleh menteri pertahanan yang juga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Akrabnya Megawati dan Prabowo dalam beberapa waktu terakhir memantik spekulasi koalisi keduanya menjelang dimulainya tahapan Pemilu 2024 pada 2022.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini