Kisah Bung Karno Minta Kuda Jinak dan Berlatih Berkuda Tiga Hari

Dimas Choirul, MNC Media · Minggu 06 Juni 2021 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 337 2420923 kisah-bung-karno-minta-kuda-jinak-dan-berlatih-berkuda-tiga-hari-qnZrXaI3P8.jpg Patung Bung Karno. (Foto: Dok Kemenhan)

JAKARTA - Presiden Kelima RI yang juga putri Proklamator RI Soekarno, Megawati Soekarnoputri, berekalar mengenai kisah Bung Karno pertama kali naik kuda dalam hidupnya. Cerita itu disampaikan Megawati saat turut meresmikan patung Bung Karno di Gedung Kemenhan, Minggu (6/6/2021).

Dalam pidato sambutannya, Megawati meneruskan cerita Menhan Prabowo Subianto tentang Bung Karno yang harus berlatih naik kuda selama tiga hari. Waktu itu agenda peringatan hari ulang tahun pimpinan angkatan RI tahun 1946.

Baca juga: Resmikan Patung Bung Karno, Prabowo: Ini Bukan Kultuskan Individu atau Memuja-muja Masa Lalu

"Karena sebagai Presiden (Bung Karno) pada waktu itu, ini menurut cerita ibu saya (Fatmawati), maka Beliau minta untuk dicarikan kuda yang jinak. Jadi tidak dapat saya bayangkan mendengar cerita ibu saya itu bagaimana seorang Panglima Tertinggi kudanya itu jinak. Tentunya, seharusnya garang, menurut saya," kata Mega sambil tersenyum.

Peresmian patung yang menggambarkan Soekarno menunggang kuda itu dihadiri Megawati bersama anaknya, Prananda Prabowo. Hadir juga Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

Baca juga: Prabowo Ungkap Sejarah di Balik Patung Bung Karno Naik Kuda

Sesaat sebelum penandatangan prasasti, Menhan terlihat memanggil Prananda Prabowo ke depan untuk mendampingi Megawati. Usai meneken prasasti, Megawati pun menekan tombol hingga patung terlihat.

Sementara jajaran Kementerian Pertahanan (Kemhan) dipimpin langsung oleh Menhan Prabowo Subianto. Sejumlah pejabat negara ikut hadir, di antaranya adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Trenggono, KSAD Jenderal Andika Perkasa, Kepala BIN Budi Gunawan, serta para wakil kepala staf angkatan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini