Resmikan Patung Bung Karno, Prabowo: Ini Bukan Kultuskan Individu atau Memuja-muja Masa Lalu

Dita Angga R, Sindonews · Minggu 06 Juni 2021 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 337 2420910 resmikan-patung-bung-karno-prabowo-ini-bukan-kultuskan-individu-atau-memuja-muja-masa-lalu-gUtLHLMHox.jpg Bung Karno (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan, sebagai bangsa yang besar sudah seharusnya menghormati jasa-jasa para pahlawannya. Hal ini disampaikannya saat peresmian patung Presiden Pertama Indonesia, Soekarno di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Menurutnya, Bung Karno bukan saja presiden pertama tapi juga proklamator dan bapak bangsa. Sehingga sudah sepantasnya jasa-jasanya dikenang oleh generasi saat ini.

Baca juga: Prabowo Ungkap Sejarah di Balik Patung Bung Karno Naik Kuda

“Bung Karno bukan saja Presiden Pertama, Beliau adalah proklamator kemerdekaan dan juga Beliau adalah penggagas ideologi negara kita yang saat ini mempersatukan seluruh bangsa Indonesia, yaitu Pancasila. Karena itulah sepantasnya bagi kita sebagai generasi penerus untuk selalu mengenang jasa-jasa Beliau,” ujar Prabowo, Minggu (6/6/2021).

Patung Bung Karno. (Foto: Dok Kemenhan)

Prabowo menegaskan bahwa patung tersebut bukan bagian dari mengkultuskan individu. Namun hal ini sebagai upaya untuk mewariskan nilai-nilai kebangsaan.

“Ini bukan bagian dari kultus individu. Ini bukan memuja- sejarah masa lalu. Tapi ini pewarisan nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.

Baca juga: Kisah Bung Karno Dirikan TNI: Pertahankan Kemerdekaan dan Melawan Arogansi Penjajah

Dia mengatakan bahwa generasi penerus Indonesia harus sadar dari mana Indonesia berasal. Kemerdekaan tidak diberikan secara cuma-cuma tapi melalui sebuah perjuangan.

“Generasi muda harus mengerti dan sadar darimana kita berasal. Kita tidak serta merta dapat hadiah kemerdekaan. Kemerdekaan itu direbut dengan darah, keringat dan air mata,” pungkasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini