Pembelajaran Tatap Muka, KPAI Sebut 5 Instrumen Ini Harus Sudah Siap

Jonathan Nalom, MNC Media · Sabtu 05 Juni 2021 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 05 337 2420662 pembelajaran-tatap-muka-kpai-sebut-5-instrumen-ini-harus-sudah-siap-CtsZPPpwoc.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Hak Sipil, Jasra Putra menilai adanya kebijakan untuk melakukan pembelajaran tatap muka di masa pandemi diperlukan sinergitas antar semua instrumen.

"Di SKB itukan diperlukan 5 pemetaan, jadi artinya daerah siap,infrastruktur siap,orang tua siap, guru siap dan siswa siap." kata Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Hak Sipil, Jasra Putra Minggu (05/06/2021)

Adapun menurutnya instrumen tersebut diutamakan kepada siswa-siswa yang akan melakukan pembelajaran tatap muka. Hal ini lantaran pihaknya menilai siswa belum menjadi bagian dari pengurangan penyebaran virus.

"Siswa siap ini belum kita lihat menjadi bagian pengurangan resiko, makanya kita berharap pada guru untuk mengajak anak- anak terutama yang sudah besar menjadi bagian pengurangan resiko." lanjutnya

Menurutnya juga tingkat kemauan siswa untuk melakukan pembelajaran tatap muka sangat tinggi. Oleh sebab itu instrumen siswa perlu ditekankan menjadi bagian pengurangan virus.

"Jadi kalau menurut survei 70% itu sudah kangen pergi ke sekolah dan ketemu guru serta teman, makanya ini menjadi penting, mereka berangkat sampai dengan menuju ke rumah lagi dengan aman." tuturnya

Dalam kesempatan tersebut Putra menuturkan KPAI akan selalu mendukung uji coba pembelajaran tatap muka. Lebih khusus pihaknya akan terus mendorong kepada daerah-daerah yang dinilai berzona hijau.

"Jika positive rate diatas 5% ini tetap daring, dibawah itu katakanlah dari oranye menuju abu-abu dan hijau kita terus dorong." pungkasnya.

(kha)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini