KPAI Dukung Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Jonathan Nalom, MNC Media · Sabtu 05 Juni 2021 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 05 337 2420657 kpai-dukung-uji-coba-pembelajaran-tatap-muka-ZYvnOebeHL.jpg Foto: tangkapan layar

JAKARTA - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Hak Sipil, Jasra Putra mengatakan bahwa pihaknya mendukung adanya uji coba pembelajaran tatap muka (PTM).

"Kesiapan dari 23 sekolah yang dikunjungi ini mencapai angka 74% di 2021. Oleh sebab itu, ini kekuatan kita untuk mendorong, dan kita apresiasi adanya uji coba PTM," kata Jasra Putra dalam diskusi daring 'Tatap Muka Demi Siswa' yang digelar oleh MNC Trijaya, Sabtu (5/6/2021).

KPAI telah melakukan kajian uji coba PTM di tengah pandemi Civid-19 itu. Kajian tersebut meliputi terintegrasinya pihak-pihak terkait dalam penyelenggaraan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam belajar tatap muka.

"Dari instrumen yang kita susun mulai dari SOP prokes sampai kordinasi antar OPD, terutama Satgas. Di Kecamatan sudah ada Satgas Covid-19 yang sebagian sudah terkoneksi dengan instrumen sekolah," imbuhnya.

Baca juga: KPAI Tanggapi Vulgarnya Judul Video Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

Putra menambahkan, penyelenggaraan PTM dimungkinkan untuk dilakukan. Sebab, di daerah Pangandaran telah melakukan kebijakan tersebut sejak September 2020 lalu.

"Sekolah di Pangandaran itu perlu dicontoh secara nasional, meskipun lalu lintas penduduk nggak terlalu banyak tapi mereka mampu buka sejak September," ujarnya.

Baca juga: Disdik Bogor Gelar Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka Pekan Depan

Menurut dia, Pemda mempunyai peran penting dalam keberlangsungan sekolah tatap muka. "Pangandaran ini APBD mendukung jadi mendorong percepatan PTM. Nah kita dorong dari Pemda lain untuk berperan menyiapkan, terutama prokes ini misalnya ada cuci tangan tiap kelas, toilet bersih dan transportasi seperti apa," pungkasnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini