Dugaan Gratifikasi Firli Bahuri, Bareskrim Serahkan Dokumen ICW ke Dewas KPK

Erfan Maaruf, iNews · Jum'at 04 Juni 2021 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 337 2420191 dugaan-gratifikasi-firli-bahuri-bareskrim-serahkan-dokumen-icw-ke-dewas-kpk-YkNhgKbHHb.jpg Bareskrim Polri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Komisaris Jenderal Agus Andrianto akan mengembalikan dokumen informasi mengenai dugaan penerimaan gratifikasi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang diadukan Indonesia Corruption Watch (ICW) kepada Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Dewas KPK sebelumnya telah memutuskan bahwa Firli melanggar kode etik atas penggunaan helikopter pada September 2020. Dia dijatuhi hukuman ringan berupa teguran tertulis II yang berlaku selama enam bulan.

"Sudah ditangani Dewas KPK, nanti kami limpahkan saja ke sana," kata saat dikonfirmasi, Jumat (4/6/2021).

Baca Juga:  Polemik TWK, Firli : Lulus atau Tidak Karena Hasilnya Sendiri

Dia tidak menjelaskan lebih lanjut alasan Bareskrim tak melanjutkan perkara dugaan tindak pidana korupsi tersebut. Agus menyebut pihak kepolisian tak ingin mau ditarik-tarik dalam kisruh yang tengah terjadi di KPK.

Mantan Kabarhakam itu menyebut tengah menangani masalah pandemi virus corona (Covid-19) dan pemulihan ekonomi nasional saat ini. "Mohon jangan tarik-tarik Polri. Energi kita fokus kepada membantu percepatan penanganan pandemi Covid-19 berikut dampak penyertanya," bebernya.

Baca Juga:  Akui Bertemu Pegawai KPK yang Minta Pelantikan Ditunda, Firli Singgung soal Keluarga

ICW sebelumnya menduga bahwa Firli mendapat diskon besar-besaran dari vendor yang menyewakan helikopter lantaran terkait dengan suatu kepentingan tertentu.

"Kami mendapatkan informasi bahwa harga sewa yang terkait dengan penyewaan helikopter itu tidak sesuai dengan apa yang disampaikan Firli ketika sidang etik dengan Dewas," kata peneliti ICW Wana Alamsyah di Jakarta, Kamis 3 Juni 2021.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini