Tank Boat Antasena, Kapal Tempur Pertama di Dunia Buatan RI yang Dilengkapi Persenjataan Canggih

Fahmi Firdaus , Okezone · Jum'at 04 Juni 2021 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 337 2420172 tank-boat-antasena-kapal-tempur-pertama-di-dunia-buatan-ri-yang-dilengkapi-persenjataan-canggih-qNcb8MHK0j.jpg Tangkapan layar media sosial

INDUSTRI alat utama sistem senjata (alutsista) Indonesia saat ini sudah semakin maju. Pasalnya, pemerintah menunjukkan upaya mencapai kemandirian dalam industri pertahanan dengan menciptakan beragam kendaraan tempur. Salah satu kendaraan tempur buatan anak bangsa yang banyak diminati negara lain adalah Panser Anoa.

(Baca juga: Kisah Ajaib Prajurit Kopassus Selamat dari Ledakan Granat di Palagan Timor)

Kendaraan 6 X 6 pengangkut personel ini dibuat oleh PT Pindad. Kendaraan bermesin Renault ini dilengkapi dengan persenjataan seperti senapan mesin kaliber 12,7 mm.‎ Selain Panser Anoa, Indonesia juga membuat kapal tempur pertama di dunia, yaitu Tank Boat Antasena.

Kapal tempur ini merupakan bagian dari program pemenuhan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) Kementerian Pertahanan untuk digunakan TNI AL. 

(Baca juga: Viral! Jerit Tangisan Istri Tua Iringi Pernikahan Suaminya, Netizen: Surga Jaminannya Teh)

Tank boat antasena ini juga telah dilakukan pengujian senjata dan jelajah laut dari dermaga Banyuwangi ke perairan Paiton dengan total jarak tempuh 170 Nautical mile.

Direktur Strategi Bisnis & Portofolio Len Industri, Linus Andor Mulana Sijabat mengatakan, Tank Boat Antasena dilengkapi radio LenHDR100-V dan LenMDR50-V serta Intercom LenCavysys asli buatan Len Industri.

“Pengujian komunikasi radio digunakan pada jarak kira-kira 70 Km dari tank boat ke Pos Penembakan di Gunnary Firing Range (GFR), Paiton. LenCavysys digunakan untuk komunikasi internal awak kapal dan penumpang tank boat,” ujarnya beberapa waktu lalu.

LenHDR100-V adalah jenis radio HF untuk sarana komunikasi voice jarak jauh dengan kendaraan tempur lain. Sedangkan LenMDR50-V adalah radio V/UHF untuk komunikasi data taktis dengan kendaraan tempur lain.

Radio tersebut memiliki keamanan voice dan komunikasi data karena dilengkapi fitur keamanan anti jamming dan anti intersep berupa pengamanan enkripsi dan frekuensi hopping.

Pengujian Antasena antara lain berupa uji internal tank boat dan kesisteman di dalamnya di galangan (dock trial), pengujian dalam keadaan tank boat statis atau bersandar di dermaga (HAT - Harbor Acceptance Test), serta pengujian keadaan tank boat berlayar di laut (SAT - Sea Acceptance Test).

Tank kapal Antasena diklaim menjadi yang pertama di dunia, karena Antasena lebih difungsikan untuk operasi di rawa, laut, sungai, pantai (Ralasuntai) serta tugas penjagaan laut dan pantai (Sea and Coast Guard) untuk menjaga kedaulatan dan mempertahankan wilayah perairan NKRI.

Antasena memiliki panjang 18 m dan dapat beroperasi di perairan dangkal 90 cm hingga perairan laut dalam. Fungsi ini dinilai sangat cocok dengan geografis Indonesia yang didominasi perairan.

Antasena juga dilengkapi dengan senjata utama RCWS kanon kaliber 30 mm dan 2 senapan mesin 12,7 mm. Keunggulan lainnya dapat mengangkut 60 orang personil dan 5 orang kru, memiliki kecepatan maksimum 40 knot serta daya jelajah hingga 600 Nm.

Tank boat Antasena terbuat dari komposit dengan platform kapal katamaran (double hull), atau dua badan kembar yang sejajar. Dengan berbekal mesin diesel buatan MAN, tank boat berkecepatan maksimum 40 knots ini juga diklaim yang tercepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini