Share

Makin Brutal, Teroris TPNPB OPM Bakar Ruang Tunggu Bandara Perumahan Perhubungan Udara dan Rumah Warga

Chanry Andrew S, iNews · Jum'at 04 Juni 2021 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 337 2419936 makin-brutal-teroris-tpnpb-opm-bakar-ruang-tunggu-bandara-perumahan-perhubungan-udara-dan-rumah-warga-lsnpZF4aWP.jpg Teroris Organisasi Papua Merdeka.(Foto:Dok Okezone)

JAYAPURA - Kelompok teroris bersenjata atau yang kerap mengklaim diri sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM) terus bertindak brutal.

Selain melakukan penembakan terhadap aparat keamanan TNI-Polri, kelompok teroris sipil bersenjata ini, juga membakar satu tower Bandara (ATC), ruangan tunggu Bandara, perumahan dan kantor Perhubungan Udara dan satu unit rumah warga dan kios dalam baku tembak dengan aparat keamanan di dekat Bandara Ilaga.

Kelompok teroris Separatis Bersenjata juga dilaporkan telah menguasai Bandara Aminggaru, Ilaga, pada Kamis (3/6/2021) sekitar pukul 17.40 WIT sore .

Diketahuinya sejumlah fasilitas bandara Aminggaru Ilaga yang terbakar setelah aparat keamanan TNI-Polri melakukan pengecekan melalui drone yang diterbangkan memantau lokasi kejadian.

Baca Juga: Gerebek Honai Milik Numbuk Talenggeng, Polisi Amankan 3 Orang & Senapan Serta Peluru

"Pada hari kamis tanggal 3 april 2021, sekira pukul 17.30 WIT, dari kota ilaga terlihat kepulan asap tebal di arah bandar udara aminggaru ilaga distrik Omukia kabupaten. Puncak, Papua. Selanjut pihak aparat Keaman menaikan drone untuk memantau kepulan asap tersebut ternyata yang terbakar adalah Tower/ATC bandara Aminggaru, Ilaga." Ungkap Sumber resmi MNC Portal Indonesia dilingkungan Kepolisian setempat.

Terkait aksi Penyerangan bandara tersebut, aparat Keamanan yang dipimpin Kapolres Puncak, Papua, yang dipimpin Kapolres Puncak, AKBP I Nyoman Punia bersama puluhan personel dari TNI-Polri  menuju lokasi kejadian untuk melakukan penindakan. Saat pasukan gabungan TNI-Polri dalam perjalanan menuju Bandara Ilaga, pasukan TNI-Polri mendapat gangguan Tembakan dari kelompok KTSP dimana Kontak Senjata tidak terhindarkan. Karena situasi tidak memungkinkan, aparat keamanan memilih mundur

"melakukan respon ke bandara sehingga terjadi kontak tembak dengan KKB/KTSP sebelum tiba di bandara dan juga pihak KTSP terpantau dari drone selain membakar 1 unit tower/ATC jg membakar 1 unit ruang tunggu bandara 1 unit perumahan perhubungan udara, dan 1 unit rumah/kios yg semuanya berlokasi di kampung aminggaru. Kontak tembak berlangsung sekitar 1 jam. Krn situasi tidak memungkinkan apkam melakukan pengunduran," ungkap sumber MNC Portal Indonesia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kapolres Puncak, AKBP I Nyoman Punia yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sempat mendapat gangguan Tembakan saat menuju ke Bandara Ilaga.

"Ia betul (ada gangguan penembakan), kejadian tadi sekitar pukul 17.30 WIT sore tadi, mereka melakukan penembakan, tadi juga saya dan anggota saat bergerak menuju TKP di bandara, saya dan anggota diserang, juga ditembaki di bawah bandara," ujar AKBP I Nyoman Punia saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Kamis (3/6/2021).

Dalam kejadian itu sempat terjadi kontak senjata antara aparat keamanan TNI polri dengan kelompok Teroris bersenjata yang diduga kuat pimpinan Lekagak Telenggeng. Namun karena kondisi tidak memungkinkan, anggota terpaksa mundur. Bandara Aminggaru Ilaga menurut Kapolres telah dikuasi oleh kelompok teroris bersenjata.

" tadi sempat terjadi baku tembak dengan kelompok tersebut, kita berupaya melakukan penindakan terhadap mereka. Karena situasi akhirnya kami mundur sementara. Mereka (Kelompok Teroris Bersenjata tersebut telah menguasai bandara." Ungkap AKBP I Nyoman Punia.

Sementara itu pagi tadi pasukan gabungan TNI-Polri dilaporkan telah mengepung bandara untuk menindak para kelompok teroris yang hingga saat ini melakukan aksi kekerasan bersenjata di kawasan Kabupaten Puncak Papua, berusaha untuk merebut kembali Bandara Ilaga.

"Aparat gabungan sudah bersiaga untuk merebut kemabali Bandara Aminggaru Ilaga, sudah persiapan ke sana," ungkapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini