BMKG: Lebih dari 18 Kali Gempa Bumi Guncang Wilayah Indonesia Setiap Hari

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 04 Juni 2021 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 337 2419902 bmkg-lebih-dari-18-kali-gempa-bumi-guncang-wilayah-indonesia-setiap-hari-v9FycG4Kjs.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengungkapkan bahwa setiap hari terjadi gempa bumi lebih dari 18 kali di Indonesia. Kekuatan gempa yang terjadi pun beragam.

Daryono mengatakan untuk gempa dengan magnitudo dibawah 5,5 sebarannya sangat banyak tanpa diprediksi. “Di Indonesia tiap hari terjadi gempa lebih dari 18 kali. Untuk magnitudo dibawah 5,5 sebarannya sangat banyak tanpa diprediksi pun muncul sendiri,” ungkapnya dalam keterangan yang diterima, Jumat (4/6/2021).

Bahkan, Daryono menegaskan bahwa tidak ada yang bisa memprediksi gempa kuat di atas magnitudo 6,0. Dia pun menyebut bahwa memprediksi gempa-gempa kecil di Indonesia sama dengan berburu di kandang domba.

“Jika memang ada alat yang dapat memprediksi sebaiknya gempa kuat diatas 6,0 supaya tidak dibilang kebetulan. Di sini memprediksi gempa kecil sama dengan berburu di kandang domba,” paparnya.

Baca juga: Gempa M3,1 Guncang Sumbawa

Dalam sehari, pada Kamis 3 Juni 2021, BMKG mencatat ada beberapa gempa yang dirasakan di Indonesia. Pertama pada gempa Pusat gempa berada di darat 8 km Barat Daya Kota Sabang dengan kekuatan magnitudo 4.

Kemudian, gempa bumi dengan magnitudo 6,1 yang mengguncang Ternate, Maluku Utara. BMKG mengatakan pusat gempa 135 kilometer barat daya Ternate, Maluku Utara, dengan kedalaman 10 km.

Baca juga: 2 Peringatan BMKG: Waspada Banjir dan Musim Kemarau

Selain itu, juga terjadi gempa bumi dengan magnitudo 4,6 mengguncang Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat. BMKG mengatakan pusat gempa di laut 75 kilometer tenggara Manokwari Selatan, dengan kedalaman 88 km.

Dan pagi ini, tercatat terjadi gempa bumi dengan magnitudo 3,1 mengguncang Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. BMKG mengatakan pusat gempa di darat 6 kilometer timur laut Sumbawa, dengan kedalaman 5 km.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini