Ibadah Haji Dibatalkan, Jubir Wapres: Menghindari Covid-19 Itu Juga Ibadah

Dita Angga R, Sindonews · Jum'at 04 Juni 2021 06:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 337 2419873 ibadah-haji-dibatalkan-jubir-wapres-menghindari-covid-19-itu-juga-ibadah-YCGIAatDdf.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Juru Bicara (Jubir) Wakil Presiden (Wapres), Masduki Baidlowi mengatakan bahwa keputusan pemerintah untuk tidak memberangkatkan haji karena berbagai pertimbangan. Salah satunya pertimbangan ormas-ormas Islam besar yang mengimbau untuk tidak melaksanakan haji tahun ini.

“Karena memang antara tahun ini dengan tahun sebelumnya tidak ada bedanya covid ini. Bahkan sekarang ada varian –varian baru yang lebih jahat. Itu yang menjadi pertimbangan,” kata Masduki, Jumat (4/6/2021).

Baca juga:  Soal Pengumuman Ibadah Haji 2021, Dubes RI di Arab Saudi: Biasanya Hari Kamis atau Ahad

Di sisi lain beberapa negara juga saat ini beberapa negara mengalami kenaikaan kasus covid-19. Tidak hanya di negara berkembang tapi juga negara maju.

Masduki menyebut jika ada pihak yang kecewa dengan keputusan pemerintah mungkin tidak berpikir bahwa menghindari covid-19 saat ini merupakan ibadah.

 Baca juga: Haji 2021 Batal, Cerita Jamaah Jual Lahan hingga Usia Semakin Menua

“Sehingga hanya melihat haji sebagai ibadah tapi mengindari covid bukan ibadah.Ini ibadahyang tidak kalah pentingnya. Bahkan itu merupakan kewajiban, wajib kifayah, radhu kifayah. Menghidari bahaya ini karena berkaitan langsung degan bagaiman kita menyelsaikan masalah umat. Masalah kemiskinan, masalah pendidikan,” paparnya

Dia mengatakan, bahwa Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin selalu berdiskusi bahwa ibadah hanya berkaitan dengan ritual semata. Pasalnya menghindari bahaya seperti covid-19 juga merupakan ibadah.

“Jadi kita jangan berpikir ibadah itu hanya ritual sholat, puasa zakat haji. Jangan begitu, ibadah itu yang paling penting saat ini itu adalah bagaimana menghindari marabahaya dari covid. Itu nilai ibadahnya sangat tinggi. Jadi melihat agama dan ibadah itu tidak hanya ritual. Tapi secara integratif melihat ibadah. Itu yang sering didiskusikan wapres bersama kita-kita,” pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini