Soal Penambahan Kuota Haji, Dubes RI Surati Raja Salman & MBS

Dita Angga R, Sindonews · Jum'at 04 Juni 2021 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 337 2419871 soal-penambahan-kuota-haji-dubes-ri-surati-raja-salman-mbs-dyfdBrJtDp.jpg Raja Salman (Reuters)

JAKARTA - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan bahwa dirinya sudah enam musim haji bertugas di Arab Saudi. Di mana selama enam musim itulah lobi-lobi terkait ibadah haji selalu dilakukan.

Bahkan sebelunya ada pandemi kuota Indonesia mengalami penambahan sebanyak 20 ribu jamaah. “Dan kami akan menambahkan 250 ribu jamaah haji untuk Indonesia,” katanya, Jumat (4/6/2021).

Dia mengatakan untuk musim pandemi yang kedua ini pihaknya telah mengirim surat kepada Raja Salman dan Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) terkait penambahan jamaah haji dari Indonesia.

“Saya sampaikan salam hangat dari Bapak Presiden Joko Widodo. Dan yang kedua kami sampaikan juga karena kedekatan dua bangsa, kedekatan dua pempimpin bangsa ini, saya sampaikan kepada Raja bahwa Bapak Presiden Joko Widodo meminta perhatian Arab Saudi kepada jamaah haji Indonesia,” ungkapnya.

Baca juga: Yenny Wahid: Doakan Agar Kita Dapat Kuota Haji 2021

Agus menyebut bahwa berbagai usaha yang ekstraordinari sudah dilakukan diplomat Indonesia di Arab Saudi. Pasalnya diplomasi tidak hanya berhubungan dengan kementerian-kementerian semata tapi bisa berkorespondensi dengan Raja Sakman dan Pangeran MBS.

“Jadi KBRI sebagai garda deppan diplomasi Indonesia yang berada di Arab Saudi sudah melakukan ikhtiar yang ekstraordinary,” ujarnya.

“Kita diberikan akses oleh Saudi melakukan komunikasi korespondensi dengan Raja Salman dan MBS. Saya kira tidak ada diplomasi di atas level itu lagi. Artinya level tertinggi sudah kita lakukan demi kemaslahatan jamaah haji Indonesia,” tegasnya.

Baca juga: Konjen RI Tegaskan Arab Saudi Belum Umumkan Kuota Haji untuk Indonesia

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini