Tepis Hoax Soal Pembatalan Haji, Dubes RI di Saudi: Diumumkan Saja Belum Bagaimana Dapat Kuota?

Dita Angga R, Sindonews · Jum'at 04 Juni 2021 05:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 337 2419864 tepis-hoax-soal-pembatalan-haji-dubes-ri-di-saudi-diumumkan-saja-belum-bagaimana-dapat-kuota-DBlnJGtq49.jpg Dubes Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh (foto: ist)

JAKARTA - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel kembali menegaskan, hingga kini belum ada pengumuman resmi dari Kerajaan Arab Saudi terkait kebijakan ibadah haji tahun ini. Dia mengatakan bahwa semua negara menunggu keputusan Arab Saudi.

“Saya tegaskan bahwa sampai hari ini, detik ini belum ada pengumuman resmi dari Kerajaan Saudi terkait pelaksanaan haji tahun 2021 ini,” katanya, Jumat (4/6/2021).

Baca juga:  Haji 2021 Batal, Cerita Jamaah Jual Lahan hingga Usia Semakin Menua

Penegasan ini juga sebagai bantahan atas berita hoax yang beredar di tanah air bahwa pemerintah Indonesia membatalan haji karena tidak mendapatkan kuota. Dia menegaskan, bahwa pembatalan tersebut bukan karena masalah kuota.

“Soal berita yang hoax di tanah air bahwa Indonesia tidak mendapatkan kuota. Bagaimana mendapatkan kuota wong pengumuman haji belum ada. Jadi pengumuman haji belum ada. Setelah itu (pengumuman) sebenarnya kan baru ada kuota,” ujarnya.

Baca juga:  Haji 2021 Dibatalkan, PBNU: Mudah-mudahan Allah Memberi Pahala Atas Kesabaran Ini

Bahkan Agus mengatakan, bahwa banyak negara-negara lain yang merupakan teman dekat Arab Saudi dilarang masuk ke wilayahnya. Mulai dari Mesir yang merupakan salah satu anggota koalisi Arab Saudi juga dilarang masuk. Kemudian Turki, Pakistan, Libanon.

“Saya sampaikan biar ini tidak menjadi fitnah sosial atau fitnah berkepanjangan,” ujarnya.

Dia berharap agar berita hoax terkait pelaksanaan ibadah haji di tanah air dapat segera dihentikan.

“Jadi saya berharap berita-berita hoax yang ada di tanah air secepatnya dihentikan, yang merupakan fitnah pada negara,” pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini