Penyidik KPK Tangani Harun Masiku Tak Lulus TWK, Bagaimana Kelanjutan Penanganan Kasusnya?

Arie Dwi Satrio, Okezone · Kamis 03 Juni 2021 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 337 2419711 penyidik-kpk-tangani-harun-masiku-tak-lulus-twk-bagaimana-kelanjutan-penanganan-kasusnya-spOpZS9Chs.jpg Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menangani kasus Harun Masiku dikabarkan tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Ia adalah Ronald. Ronald disebut-sebut merupakan satu-satunya penyidik KPK yang masih menangani pencarian buronan Harun Masiku.

Nasib Ronald di lembaga antirasuah saat ini tak jelas setelah pimpinan KPK meminta dia menyerahkan wewenang dan tanggung jawab ke atasannya. Lantas, bagaimana kelanjutan pencarian Harun Masiku yang hingga kini tak kunjung jelas keberadaannya?

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri memastikan, pihaknya masih terus melakukan upaya pencarian terhadap Harun Masiku. Ia menyatakan, lembaga antirasuah sudah memiliki sistem kerja yang baik. Atas dasar itu, kata Ali, pencarian Harun Masiku bukan bergantung hanya pada satu pegawai.

"KPK telah memiliki sistem dan struktur kerja yang baik. Kerja-kerja sama sekali tidak ditentukan orang-per orang secara individual, namun oleh tim yang terdiri beberapa orang," kata Ali saat dikonfirmasi, Kamis (3/6/2021).

Lebih lanjut, Ali menjelaskan, satuan tugas (satgas) di KPK terdiri dari lima atau enam orang pegawai. Para pegawai tersebut berasal dari Deputi Penindakan, Pencegahan, Koordinator Wilayah, serta Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat.

"Sehingga, apabila ada anggota satgas yang berhalangan, penanganan perkara maupun program-program kerja KPK lainnya tentu tetap berjalan," ucapnya.

Ali menekankan bahwa pihaknya hingga kini masih terus melakukan upaya perburuan terhadap Marun Masiku. Belakangan, KPK telah mengirimkan surat kepada National Central Bureau Interpol Indonesia meminta untuk seger menerbitkan surat red notice atasnama Harun Masiku.

Baca Juga : Terus Memburu Harun Masiku, KPK Minta Interpol Terbitkan Red Notice

"Kami akan terus melakukan pencarian DPO dimaksud dan optimis yang bersangkutan dapat ditangkap untuk dibawa ke proses persidangan," tuturnya.

Sekadar informasi, Harun Masiku merupakan mantan Caleg asal PDI Perjuangan yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pemulusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR.

Harun ditetapkan sebagai tersangka bersama tiga orang lainnya. Ketiganya yakni, mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, Mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina, serta pihak swasta, Saeful (SAE).

Harun lolos dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. Ia berhasil melarikan diri. Ia kemudian ditetapkan sebagai buronan KPK pada Januari 2020. Harun juga telah dicegah untuk bepergian ke luar negeri. Kendati demikian, hingga kini belum diketahui keberadaan Harun Masiku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini