Fenomena Astronomi yang Bisa Dinikmati Mata Telanjang, Ini Daftarnya

MNC Portal, · Kamis 03 Juni 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 337 2419615 fenomena-astronomi-yang-bisa-dinikmati-mata-telanjang-ini-daftarnya-kdRLlg1Ups.jpeg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Fenomena astronomi atau kejadian luar angkasa memang selalu menarik perhatian.

Apalagi, kejadian gerhana bulan total yang baru-baru ini berlangsung. Hanya dengan menggunakan mata telanjang, manusia bisa menyaksikan fenomena ini.

Dikutip dari Litbang MNC Portal Indonesia, berikut adalah fenomena astronomi yang bisa dinikmati secara langsung.

1. Gerhana Bulan Total

Fenomena astronomi yang juga dikenal dengan super blood moon ini terjadi selama 14 menit 30 detik saja, dengan kurun waktu 195 tahun sekali.

Gerhana bulan yang terjadi pada Mei 2021 ini bersamaan dengan terjadinya perige atau saat bulan berada di jarak terdekatnya dengan bumi.

Lebar sudut pada posisi ini akan jauh lebih besar 13,77 % dibandingkan dengan posisi apoge (saat bulan berada di titik terjauh dengan bumi).

Menurut BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), gerhana bulan total ini dapat dilihat di seluruh Indonesia dari arah timur hingga tenggara tanpa menggunakan alat bantu optik apapun.

2. Aurora di Rusia

Fenomena lainnya yang dapat disaksikan langsung adalah aurora. Peristiwa ini terjadi di atmosfer bumi, tepatnya pada ketinggian hingga 100 km dari permukaan bumi.

Aurora yang ada berupa pancaran cahaya yang menyala di lapisan ionosfer bumi. Salah satu negara yang menjadi favorit untuk menyaksikan aurora adalah di negara-negara Eropa seperti Rusia.

Dilansir dari berbagai sumber, waktu terbaik untuk menyaksikan aurora adalah sepanjang Januari – Februari. Adapun spot terbaik di Rusia adalah Peninsula, Vorkuta, Yakutsk, Kirovsk, Murmansk dan Naryan-Mar.

3. Pertemuan Jupiter dan Venus

Konjungsi atau pertemuan antar Jupiter dan Venus terjadi pada 13 November 2017. Kedua planet yang berjarak sekitar 669 km dari pusat tata surya itu akan terbit 0,3 derajat antara satu sama lain.

Dikutip pihak Facebook, pertemuan Jupiter dan Venus akan menghiasi langit bagian timur dengan sinar yang sangat terang. Kabar baiknya, pemandangan menakjubkan itu bisa dinikmati 1 jam sebelum matahari terbit.

4. Komet

Salah satu peristiwa spektakuler yang terjadi pada Juli 2020 lalu adalah jatuhnya komet Neowise (C/2020 F3). Sebenarnya, komet ini baru ditemukan pada 27 Maret 2020 dan berperiode sangat panjang.

Perkiraan para ahli, komet ini akan kembali mendekati bumi sekitar 6.800 tahun lagi. Lokasi terbaik untuk menyaksikan komet ini adalah di kawasan subtropis, khususnya di Eropa, Amerika, Selandia Baru dan Australia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini