Deretan Kasus Kolor Ijo di Indonesia

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 04 Juni 2021 05:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 337 2419580 deretan-kasus-kolor-ijo-di-indonesia-lhJv1AKsqU.jpg Foto: istimewa

JAKARTA - Kolor ijo identik sebagai sosok menyeramkan yang kerap berkeliaran mencari mangsa perempuan. Dalam beberapa waktu terakhir ini, teror kolor ijo kembali terjadi di Indonesia. Berikut rangkumannya.

Mei 2021

Warga desa Sendang Rejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dihebohkan dengan video viral kolor ijo. Aksi kolor ijo tersebut terekam CCTV dengan durasi 32 detik.

Dalam video, seseorang berjalan tanpa menggunakan baju dan celana masuk ke teras rumah salah satu warga. Orang tersebut terlihat memakai penutup kepala berwarna oranye.

Pria yang dianggap sebagai kolor ijo tersebut sudah sering dikejar oleh warga namun selalu berhasil lolos. Pada Juni 2021, polisi telah berhasil menangkap pria yang dianggap sebagai kolor ijo tersebut.

Februari 2021

K, 31 sosok yang di duga pelaku kolor ijo berhasil ditangkap. Polisi berhasil menangkap sosok Kolor Ijo yang kerap meresahkan warga Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Pria yang diduga pelaku kolor ijo itu sering muncul ketika malam hari.

Ia kerap mencuri dan tidak segan-segan mencabuli para wanita yang ada di dalam rumah yang sudah menjadi target. Pelaku tersebut belum lama bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gorontalo dengan kasus yang sama.

Juni 2020

ETY, 42 maling spesialis yang menggunakan celana dalam saat beraksi akhirnya ditangkap polisi. Setelah melakukan aksinya, pelaku kabur ke Jakarta dan akhirnya berhasil ditangkap dan dibawa ke Polres Padang Pariaman. Pelaku melakukan aksinya dengan masuk rumah korban sebanyak empat kali. Atas ulah pelaku, korban atas nama Amir Guci mengalami kerugian sebesar Rp10 juta.

September 2020

Warga desa Luwohu, Kecamatan Botupingge, Kabupaten, Bone Bolango digegerkan dengan kehadiran Kolor Ijo. Berdasarkan pengakuan warga sosok kolor ijo tersebut berkulit hitam dan bertutup kepala. Sosok itu kerap masuk ke rumah warga saat malam hari. Pelaku diduga sering mengincar kaum perempuan. Kepala desa Luwohu, Ikhsan Ibrahim mengimbau warga untuk tidak melakukan aksi yang anarkis terhadap pelaku sosok kolor ijo dan menyerahkan sepenuhnya ke pihak keamanan.

2019

Aksi pria misterius yang sering memasuki rumah warga pada dini hari di Desa Kroyo Kecamatan Gebang, Purworejo, Jawa Tengah akhirnya terungkap. Pelaku berhasil ditangkap pihak kepolisian pada April 2021. Tri Sutrisno dan Rohmanudin tertangkap basah warga hendak memasuki salah satu rumah warga.

Berdasarkan penyelidikan, pelaku yang kerap melakukan pencurian pakaian dalam wanita yang ditangkap warga itu terkait dengan isu teror kolor ijo. Ditemukan barang bukti pencurian berupa ratusan pakaian dalam wanita dan asesorisnya.

2016

Aksi pencurian kolor ijo juga terjadi di Kota Blitar, Jawa Timur. Polisi berhasil menangkap para pelaku. Pelaku mengaku melancarkan aksinya dengan menggunakan celana dalam saja agar bisa lebih leluasa. Dalam pengakuannya pada polisi, pelaku sudah beraksi di lebih dari 15 lokasi.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini