Ridwan Kamil Ungkap Cintanya ke Anies dan Ganjar, Siap Maju Pilpres 2024?

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Kamis 03 Juni 2021 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 337 2419438 ridwan-kamil-ungkap-cintanya-ke-anies-dan-ganjar-siap-maju-pilpres-2024-dhOWuv9GcR.jpg Ridwan Kamil. (Foto: Humas Pemprov Jabar)

PALEMBANG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku punya kedekatan personal dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Kedekatan personal antara Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dengan Anies dan Ganjar itu kerap dihubung-hubungkan dengan isu Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Bahkan, sejumlah lembaga survei pun kerap menyebut tiga nama itu sebagai calon presiden (capres) potensial.

Menurut Kang Emil, Anies dan Ganjar sama-sama datang dari satu generasi yang sama dengannya. Hal itulah yang membuat Kang Emil lebih mudah menjalin komunikasi hingga akhirnya terbangun kedekatan personal.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Indonesia Bisa Jadi Negara Adidaya di 2045, Ini Syaratnya

"Kami datang sama-sama dari satu generasi, tupoksinya kebetulan sama ngurus daerah, sama-sama gubernur, 50 persen Pak Anies, 50 persen Pak Ganjar, itulah cinta saya kepada beliau-beliau," ungkap Kang Emil seusai makan malam bersama Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru di Istana Gubernur Sumsel, Griya Agung, Jalan Demang Lebar Daun, Palembang, Rabu (2/6/2021) malam.

Kang Emil pun mencontohkan hubungan personal dengan Anies yang menurutnya sangat terjaga baik sejak lama, seperti saat dirinya dan Anies saling mengucapkan selamat lewat media sosial atas pencapaian Jabar yang meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 10 kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI).

Diketahui, Anies sempat mengucapkan selamat di kolom komentar unggahan akun Instagram @ridwankamil mengenai penghargaan dari BPK RI tersebut. Ucapan itu pun ditanggapi oleh Ridwan Kamil yang sama-sama mengucapkan selamat kepada Anies Baswedan.

Baca juga: Singgung Mudik Bocor, Ridwan Kamil: Jangan Sepelekan Covid-19 yang Makin Ganas!

Saling balas apresiasi itu pun kemudian ditanggapi sebagian besar netizen agar keduanya bisa berpasangan pada Pilpres 2024. Namun, Kang Emil menegaskan, dirinya dan Anies, termasuk Ganjar sudah terbiasa saling mengapresiasi kinerja masing-masing.

"Entah kenapa oleh media, saling menyapa hari ini selalu ditafsir selalu ada hubungannya dengan (Pilpres) 2024. Padahal, sebelumnya juga sama. Kita WA-an. Pak Anies ulang tahun saya posting," ujarnya.

"Dengan Pak Ganjar saya main. Saling mengapresiasi kan bagus daripada saling diam atau saling mengkritisi tanpa kejelasan. Budaya saling menguatkan sesama pemimpin harus dibangun," sambung Kang Emil.

Menurut Kang Emil, budaya saling menguatkan antarpemimpin bisa berpengaruh positif terhadap masyarakat yang psikologisnya saat ini cenderung mudah bertengkar.

Berkaitan dengan Pilpres 2024, Kang Emil mendoakan siapapun yang dipercaya maju dan terpilih agar bisa melaksanakan amanah dengan baik.

"Saya mendoakan siapapun yang ditakdirkan mendapatkan sebuah amanah di masa depan, saya akan bahagia sekali karena datang dari generasi yang sama," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini