Melihat Fasilitas Asrama Haji Seluas 13 Hektare di Pondok Gede, Setara Hotel Berbintang

Widya Michella, MNC Media · Kamis 03 Juni 2021 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 337 2419403 melihat-fasilitas-asrama-haji-seluas-13-hektare-di-pondok-gede-setara-hotel-berbintang-ZJnOfDe9eA.jpg Asrama Haji Pondok Gede. (Foto: Widya M)

JAKARTA - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Khoirizi bersama Staf Khusus Menteri Agama bidang Komunikasi Publik, Media, dan Teknologi Informasi Wibowo Prasetyo meninjau kesiapan UPT Asrama Haji Embarkasi Jakarta seluas 13 hektare yang beralamat di Jalan Raya Pondok Gede, Kelurahan Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Kamis,(3/6/2021).

Mereka meninjau langsung Gedung A yang digunakan sebagai Gedung Karantina bagi Jamaah Calon Haji yang terindikasi terpapar Covid-19 dengan kapasitas dua orang di satu ruangan. Gedung yang memiliki luas 2.710 M² ini dapat menampung 144 orang pada tiga lantai dilengkapi resepsionis, lobi, kamar tidur, ruang pertemuan, ruang makan, pantry, toilet, dan tangga.

Baca juga: Ribuan Pasien Covid-19 Jalani Isolasi Terpusat di Asrama Haji, Termasuk Pondok Gede

Selanjutnya rombongan meninjau Gedung Utama seluas 4.000 M², digunakan untuk penginapan jamaah calon haji yang setara dengan hotel bintang tiga. Gedung yang dapat menampung 138 orang dalam empat lantai ini dilengkapi dengan resepsionis, lobi, kamar tidur, ruang pertemuan, ruang makan, pantry, toilet, lift, dan tangga.

Khoirizi menyampaikan, pihaknya siap melaksanakan apapun keputusan yang diberikan oleh pemerintah dalam waktu dekat terkait kepastian Haji 2021.

"Jadi atau tidak jadinya berangkat haji tentunya akan berdampak. Kalau nanti pemerintah memutuskan untuk berangkat dampaknya adalah protokol lebih ketat, biaya cost tinggi, karantina cukup lama. Kalau tidak berangkat antrean semakin panjang, usia jamaah semakin tua, sosialisasi harus kita masifkan untuk bagaimana semua jamaah, bisa memahami apapun yang diputuskan," ujar Khoirizi.

Baca juga: Pemkot Bekasi Siapkan Asrama Haji Tampung Pasien Covid-19

Sementara itu, Wibowo Prasetyo memastikan pemerintah telah siap melaksanakan ibadah haji tahun 2021.Terkait kuota hingga detik ini belum ada pemberitahuan resmi dari pemerintah Arab Saudi untuk seluruh dunia.

"Pemerintah siap untuk memberangkatkan haji, hari ini kita meninjau, sampai detik ini belum ada informasi tentang Penyelengaraan ibadah haji 2021. Mengacu kepada itu, kita perlu memperhitungkan space waktu apakah memungkinkan atau tidak memungkinkan," jelas Wibowo

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini