Peringatan Dini BMKG: Waspada Banjir di Aceh, Jakarta, Jabar dan Jateng Hari Ini

Bima Setiyadi, MNC Portal · Kamis 03 Juni 2021 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 337 2419396 peringatan-dini-bmkg-waspada-banjir-di-aceh-jakarta-jabar-dan-jateng-hari-ini-XEsmJOgvaC.png Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi banjir pada Kamis (3/6/2021). Masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

Berdasarkan hasil analisis data dari Badan Meteorologi Klimitologi dan Geofisika (BMKG) dengan Impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dengan InaRisk, maka perlu diwaspadai potensi Banjir pada 3 Juni 2021 di wilayah sebagai berikut.

Berikut daerah berstatus waspada banjir:

1. Aceh: Aceh Selatan

2. DKI Jakarta: Jakarta Timur, Jakarta Selatan

3. Jawa Barat: Bogor, Garut, Sukabumi, Ciamis

4. Jawa Tengah: Cilacap, Banyumas, Brebes

"Rincian daerah berpotensi banjir dengan status waspada hingga ke level kecamatan pada provinsi diatas selengkapnya dapat dilihat pada: http://bit.ly/DiseminasiPD_3Juni2021," tulis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melalui akun instagramnya @BPBDdkijakarta dikutip Kamis (3/6/2021).

Baca juga: Tanggul Sungai Cisunggalah Jebol, Permukiman Warga Terendam hingga 1 Meter

Masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan, yakni hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es.

Cuaca ekstrem dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

Warga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan, salah satunya dengan membaca buku "Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat" melalui link http://tiny.cc/bukusakusiagabanjir. Informasi terkait Tinggi Muka Air dapat dimonitor melalui http://bpbd.jakarta.go.id/waterlevel/," tulisnya.

"Jika terjadi keadaan darurat dapat menghubungi Call Center 112. Laporkan bila ditemukan genangan/ banjir melalui aplikasi JAKI dan peta bencana. Selain itu, kami akan membagikan peringatan dini melalui media sosial BPBD DKI Jakarta & Aplikasi JAKI. Selain itu, tetap lakukan protokol kesehatan 5M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Membatasi mobilitas, dan Menjauhi kerumunan," lanjut penjelasannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini