Share

Ketua DPR Sebut Indonesia Bisa Kukuh Berkat Pancasila

Antara, · Rabu 02 Juni 2021 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 337 2419093 ketua-dpr-sebut-indonesia-bisa-kukuh-berkat-pancasila-gyKUKKgYwE.jpeg Ketua DPR, Puan Maharani (Foto: Antara)

JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal itu disampaikan dalam rangka Hari Lahir Pancasila.

"Kita hanya dapat menjadi bangsa yang besar jika kita berpegang teguh pada falsafah bangsa kita sendiri, yakni Pancasila, dan bukan menjiplak falsafah bangsa orang lain karena setiap bangsa memiliki akar sejarah dan budaya yang berbeda-beda," ujar cucu Bung Karno tersebut.

Puan menegaskan, hanya dengan Pancasila persatuan bangsa Indonesia dapat diperkukuh. Ia juga percaya, dengan mengimplementasikan Pancasila tujuan bernegara dapat segera dicapai.

Puan menjadi petugas pembaca naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Jakarta. Putri Megawati Soekarnoputri itu mengenakan baju kurung hitam berselempang kain tenun gringsing Bali.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI), Varhan Abdul Aziz, melalui pernyataan pers yang diterima Rabu (2/6/2021), mengamalkan Pancasila itu laiknya memenuhi pesan agama tentang sembahyang (shalat).

Semua dimulai dengan meninggikan peran Tuhan dalam kehidupan (Ketuhanan) sebagai gantungan integritas diri, untuk kemudian diakhiri dengan menebar salam damai sejahtera ke seluruh penjuru bumi (Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia).

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

“Jadi, Ibu Puan dengan tegas menekankan bahwa mustahil ada dikotomi antara jiwa seorang Pancasilais dan seorang relijius. Menjadi Pancasilais itu sejatinya menjadi seorang saleh atau relijius. Saleh secara hubungan ketuhanan (hablum minal Allah), dan sekaligus saleh secara kemanusiaan, yang memenuhi keempat sila lainnya dalam Pancasila,” kata Varhan.

Seraya menunjuk pernyataan Ketua DPR Puan Maharani tentang peluang besar Indonesia menjadi negara besar yang disegani dunia manakala warganya menjadikan Pancasila sebagai inspirasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari, Varhan menunjukkan bahwa pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari akan menerbitkan energi positif yang meninggikan kesadaran hikmat-kearifan dan meluaskan pengamalan kasih serta kebajikan dalam kehidupan keseharian.

“Bayangkan, seseorang yang menghayati, mengamalkan seluruh sila yang ada dalam Pancasila, kehidupannya sudah pasti hanya akan dipenuhi energi positif yang juga memberikan dampak kebaikan bagi lingkungannya. Bila mayoritas warga Indonesia hidup dalam lingkup energy positif ini, mana mungkin kalau Indonesia tidak menjadi negara besar yang akan disegani dunia?” kata Varhan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini