Share

Gubernur Lemhannas Ungkap Tantangan untuk Bumikan Pancasila

R Ratna Purnama, Koran SI · Rabu 02 Juni 2021 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 337 2419042 gubernur-lemhannas-ungkap-tantangan-untuk-bumikan-pancasila-WiJ6PaLKLZ.jpg Gubernur Lemhannas Agus Widjdodo. (Foto : Ratna Purnama)

JAKARTA - Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo mengatakan, nilai-nilai ideologi Pancasila perlu dibumikan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menanamkan nilai tersebut, diperlukan strategi jitu.

Ia menyebut, yang menjadi tantangan saat ini adalah cara untuk membumikan Pancasila dalam praktik sehari-hari.

"Justru sekarang tantangannya itu adalah bagaimana untuk membumikan nilai Pancasila dalam implementasi. Jadi kita mencoba mencari nilai implementasinya, itu merupakan bentuk usaha kita," katanya usai acara Gebyar Hari Lahir Pancasila Lemhannas di MNC Tower, Rabu (2/6/2021).

Karena itu, Agus menyatakan, dia tidak bisa diselesaikan satu pihak saja. Ia menegaskan, perlu kerjasama banyak pihak dalam hal ini.

"Ini tidak bisa diselesaikan oleh Lemhannas dan bukan peran Lemhannas sendiri. Itu harus merupakan totalitas dari seluruh peran masyarakat dan instansi. Kita harus mencari bagaimana sebetulnya nilai implementasinya," tuturnya.

Dicontohkan negara lain bisa memelihara kelangsungan hidup dari nilai dasar negaranya. Itu untuk bisa menuangkan mentransformasikan hal itu ke dalam bentuk konkrik kehidupan sehari-hari yang bisa dirasakan.

Baca Juga : Lewat Gebyar Wawasan Kebangsaan, Lemhannas Diskusi Nilai-Nilai Pancasila dengan Milenial

"Itu merupakan harus totalitas dari seluruh institusi yang ada di dalam bentuk peran. Tidak bisa oleh Lemhanas sendiri," tuturnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Lemhanas sebagai lembaga pendidikan dan pemantapan nilai-nilai dan wawasan kebangsaan. Yang fungsinya untuk membekali nilai pancasila dalam kurikulum pendidikan Lemhanas kepada para peserta yang merupakan pimpinan nasional.

"Yang kita harapkan nantinya kalau lulus dari Lemhanas akan mengakomodasikan dan mewadahi dalam tugas dan karena sebagian besar akan menjabat eselon 2 dan 1 nanti akan tercermin dalam kebijakan yang mereka rumuskan," tuturnya.

Baca Juga : Tanamkan Nilai Pancasila, Lemhannas Dorong Penerapan Implementasi di Masyarakat Ditingkatkan

Fungsi lain yaitu sebagai pemantapan nilai kebangsaan. Artinya menyampaikan nilai Pancasila langsung kepada masyarakat. Itu bisa terpusat di Lemhanas atau juga berdasarkan permintaan masyarakat dan dibentuk tim untuk membuat pelatihan. "Ini adalah salah satu bentuk dari pemantapan nilai kebangsaan yang kita lakukan," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini