Lewat Gebyar Wawasan Kebangsaan, Lemhannas Diskusi Nilai-Nilai Pancasila dengan Milenial

R Ratna Purnama, Koran SI · Rabu 02 Juni 2021 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 337 2418964 lewat-gebyar-wawasan-kebangsaan-lemhannas-diskusi-nilai-nilai-pancasila-dengan-milenial-ikUtA2NWSq.jpg Lemhannas menggelar Gebyar Wawasan Kebangsaan. (Foto: Ratna R)

JAKARTALemhannas RI mengkaderisasi generasi millenial soal nilai-nilai Pancasila secara daring dalam Webinar Gebyar Wawasan Kebangsaan pada Rabu (2/6/2021). Acara ini disiarkan secara langsung dari Studio MNC. 

Kegiatan ini melibatkan pemuda dari berbagai organisasi kemasyarakatan dari seluruh Indonesia yang diikuti secara daring.

“Gebyar Wawasan Kebangsaan adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Lemhannas RI sebagai upaya untuk berbagi pendapat dan diskusi nilai-nilai Pancasila dengan generasi milenial dan masyarakat secara luas,” kata Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Rabu (2/6/2021).

Baca juga: Gubernur Lemhannas: Seluruh Masyarakat Berperan Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pancasila

Sosialisasi nilai-nilai Pancasila ini merupakan antisipasi dan persiapan sejak dini terhadap tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila di era digital. Gebyar Wawasan Kebangsaan ini merupakan strategi untuk menyamakan pemahaman nilai-nilai Pancasila dengan generasi muda khususnya dan masyarakat pada umumnya dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila pada setiap 1 Juni.

Diharapkan milenial dapat menjadi agen-agen penggerak perubahan dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang lebih baik.

“Kegiatan ini diharapkan mampu membangkitkan semangat generasi milenial untuk terus berkarya demi masa depan Indonesia,” tukasnya. 

Pada tahun 2021, usia Pancasila sudah mencapai 76 tahun dan selama perjalanan sebagai ideologi bangsa dan dasar falsafah negara, Pancasila banyak mengalami dinamika.

Baca juga: Gubernur Lemhannas: Mengimplementasikan Pancasila Harus "Menginjak Bumi"

Sejak kelahiran sampai sekarang, Pancasila sering menghadapi beberapa tantangan yang mengancam eksistensinya. Saat ini tantangan nyata yang dihadapi Pancasila adalah paham-paham radikal yang mudah diakses di internet, merebaknya berita bohong (hoax), merosotnya nilai keadilan di tengah pandemi bahkan terus berlanjut hingga sekarang.

Selain itu, dengan globalisasi, banyak nilai-nilai asing yang masuk ke Indonesia dan menggerus nilai-nilai Pancasila. Hal ini dibuktikan masih banyaknya masyarakat yang tidak paham mengenai Pancasila, bahkan untuk sekedar menghafal lima sila Pancasila.

“Gebyar Wawasan Kebangsaan bagi Generasi Millenial merupakan upaya mengantisipasi dan mempersiapkan diri sejak dini tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila di era digital,” ucapnya. 

Diharapkan, kegiatan penanaman nilai-nilai Pancasila ini gaungnya mampu menerobos sendi-sendi kehidupan pada setiap anak bangsa yang mendengarnya.

Agus menuturkan, kegiatan talkshow kebangsaan ini bertujuan memperoleh jawaban dan rumusan strategi guna meningkatkan peran generasi muda dalam menghadapi tantangan yang mengancam Pancasila di era digital dan globalisasi.

Misalnya untuk mengetahui pendapat generasi muda milenial perihal sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Pancasila. Kemudian mengetahui peranan generasi muda saat ini dalam upaya sosialisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap generasi muda dalam upaya sosialisasi nilai-nilai Pancasila menghadapi era digital dan globalisasi,” pungkas Agus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini