Share

Gubernur Lemhannas: Seluruh Masyarakat Berperan Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pancasila

Dominique Hilvy Febiani, MNC Media · Rabu 02 Juni 2021 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 337 2418939 gubernur-lemhannas-seluruh-masyarakat-berperan-dalam-penanaman-nilai-nilai-pancasila-SWiWlTChnS.png Gubernur Lemhannas, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo di acara Gebyar Wawasan Kebangsaan (Foto : tangkapan layar)

JAKARTA - Gubernur Lemhannas, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menyatakan, bahwa generasi milenial harus mengimplemetasikan penanaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu dikatakan Agus di acara webinar Gebyar Wawasan Kebangsaan yang disiarkan secara langsung dari Studio MNC, dan secara virtual zoom maupun kanal YouTube Okezone.com, Sindonews.com, serta INews.id, Rabu (2/6/2021).

Baca juga:  Gebyar Wawasan Kebangsaan, Ini Pesan Gubernur Lemhannas untuk Generasi Milenial

Agus menyatakan, bahwa penanaman pancasila untuk diimplementasikan generasi milenial dalam kehidupan sehari-hari merupakan sebuah tantangan bagi Lemhannas.

"Justru sekarang tantangannya itu adalah bagaimana untuk membumikan nilai-nilai Pancasila di dalam implementasi. Jadi kita mencoba untuk mencari nilai implentasinya, itu merupakan bentuk dari usaha kita semuanya," kata Agus.

Baca juga:  Gebyar Wawasan Kebangsaan, Gubernur Lemhannas: Mari Jaga Eksistensi Pancasila

Adapun ia menyatakan, bahwa seluruh lapisan masyarakat berperan penting untuk menerapkan nilai-nilai pancasila.

"Itu bukan hanya peran dari Lemhannas sendiri, harus merupakan totalitas dari seluruh peran masyarakat, dan instansi manapun," tambah Agus.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, Agus juga memaparkan bahwa nilai-nilai dasar negara merupakan ujung tombak untuk keberlangsungan hidup suatu bangsa.

"Karena sebagai contoh misalnya negara-negara yang bisa memelihara kelangsungan hidup nilai-nilai dasar negaranya adalah untuk bisa menuangkan dan mentransformasikan itu didalam bentuk konkret kehidupan sehari-hari.

Dan itu merupakan totalitas dari seluruh institusi yang ada," tutur Agus.

Adapun Agus memaparkan bahwa Lemhannas sebagai lembaga pendidikan berperan penting untuk penilaian wawasan kebangsaan dan pemantapan nilai-nilai pancasila kepada peserta untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Yang nantinya para peserta tersebut yang lulus dari lemhannas akan mengakomodasikan nilai-nilai itu di dalam tugas dilapangan dan sebagian besar akan menjadi pejabat-pejabat nanti akan tercermin dalam kebijakan-kebijakan publik yang mereka rumuskan," ucap Agus.

"Selain itu terdapat fungsi pemantapan nilai-nilai kebangsaan itu menyampaikan nilai-nilai pancasila langsung kepada masyarakat itu bisa terpusat di Lemhannas dan juga atas permintaan komponen masyarakat," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini