Gubernur Lemhannas: Seluruh Masyarakat Berperan Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pancasila

Dominique Hilvy Febiani, MNC Media · Rabu 02 Juni 2021 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 337 2418939 gubernur-lemhannas-seluruh-masyarakat-berperan-dalam-penanaman-nilai-nilai-pancasila-SWiWlTChnS.png Gubernur Lemhannas, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo di acara Gebyar Wawasan Kebangsaan (Foto : tangkapan layar)

JAKARTA - Gubernur Lemhannas, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menyatakan, bahwa generasi milenial harus mengimplemetasikan penanaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu dikatakan Agus di acara webinar Gebyar Wawasan Kebangsaan yang disiarkan secara langsung dari Studio MNC, dan secara virtual zoom maupun kanal YouTube Okezone.com, Sindonews.com, serta INews.id, Rabu (2/6/2021).

Baca juga:  Gebyar Wawasan Kebangsaan, Ini Pesan Gubernur Lemhannas untuk Generasi Milenial

Agus menyatakan, bahwa penanaman pancasila untuk diimplementasikan generasi milenial dalam kehidupan sehari-hari merupakan sebuah tantangan bagi Lemhannas.

"Justru sekarang tantangannya itu adalah bagaimana untuk membumikan nilai-nilai Pancasila di dalam implementasi. Jadi kita mencoba untuk mencari nilai implentasinya, itu merupakan bentuk dari usaha kita semuanya," kata Agus.

Baca juga:  Gebyar Wawasan Kebangsaan, Gubernur Lemhannas: Mari Jaga Eksistensi Pancasila

Adapun ia menyatakan, bahwa seluruh lapisan masyarakat berperan penting untuk menerapkan nilai-nilai pancasila.

"Itu bukan hanya peran dari Lemhannas sendiri, harus merupakan totalitas dari seluruh peran masyarakat, dan instansi manapun," tambah Agus.

Selain itu, Agus juga memaparkan bahwa nilai-nilai dasar negara merupakan ujung tombak untuk keberlangsungan hidup suatu bangsa.

"Karena sebagai contoh misalnya negara-negara yang bisa memelihara kelangsungan hidup nilai-nilai dasar negaranya adalah untuk bisa menuangkan dan mentransformasikan itu didalam bentuk konkret kehidupan sehari-hari.

Dan itu merupakan totalitas dari seluruh institusi yang ada," tutur Agus.

Adapun Agus memaparkan bahwa Lemhannas sebagai lembaga pendidikan berperan penting untuk penilaian wawasan kebangsaan dan pemantapan nilai-nilai pancasila kepada peserta untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Yang nantinya para peserta tersebut yang lulus dari lemhannas akan mengakomodasikan nilai-nilai itu di dalam tugas dilapangan dan sebagian besar akan menjadi pejabat-pejabat nanti akan tercermin dalam kebijakan-kebijakan publik yang mereka rumuskan," ucap Agus.

"Selain itu terdapat fungsi pemantapan nilai-nilai kebangsaan itu menyampaikan nilai-nilai pancasila langsung kepada masyarakat itu bisa terpusat di Lemhannas dan juga atas permintaan komponen masyarakat," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini