Cerita Ali Moertopo Lebur Partai Politik demi Orde Baru

Widi Agustian, Okezone · Kamis 03 Juni 2021 05:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 337 2418889 cerita-ali-moertopo-lebur-partai-politik-demi-orde-baru-i5i51JMceM.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Ali Moertopo merupakan sosok di balik berjayanya Orde Baru. Dengan kemampuan analisa dan intelijen, dia membuat strategi agar pengaruh Orde Baru bisa terus bertahan.

Pada 1968, Ali Moertopo sudah menggagas peleburan banyak partai politik menjadi segelintir partai, yang dengan demikian dapat lebih mudah dikendalikan pemerintah.

Gagasan itu terwujud pada tahun 1973, setelah semua partai berfusi ke dalam tiga partai saja: Golkar, PPP (hasil fusi partai-partai bercorak Islam), dan PDI (fusi partai-partai bercorak nasionalis).

Kebebasan berpolitik pun turut beku bersama fusi itu. Situasi kebekuan kebebasan berpolitik itu bertahan hingga seperempat abad. Demikian dilansir dari buku 100 Tokoh yang Mengubah Indonesia, Penerbit Narasi.

Baca juga: Mahfud MD Tegaskan Jokowi Tak Setuju Jabatan Presiden Jadi 3 Periode

Ali Moertopo juga begitu intens melakukan berbagai aksi yang semakin membuat Orde Baru kukuh. Melalui lembaga Operasi Khusus (Opsus), ia melibas aktivis-aktivis pro-demokrasi maupun kaum oposisi yang berani bersuara menentang rezim Orde Baru.

Organisasi "buldoser" ini begitu efektif dan ditakuti tokoh-tokoh prodemokrasi. Lembaga intelijen tentara dikembangkan sedemikian rupa sehingga menjadi semacam perangkat early warning bagi penguasa untuk memberangus lawan-Iawan politiknya.

Ali Moertopo yang pernah menjadi Kepala Badan Koordinasi Intelijen (Bakin) dan Menteri Penerangan RI (1978-1983) ini meninggal pada tanggal 15 Mei 1984 pada sore hari akibat serangan jantung.

Baca juga: Detik-detik Soeharto Menuju Kursi RI1 Usai Tumbangnya Orde Lama

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini