Kemenkes Percepat Vaksinasi di Daerah Kasus Covid-19 yang Melonjak

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 02 Juni 2021 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 337 2418837 kemenkes-percepat-vaksinasi-di-daerah-kasus-covid-19-yang-melonjak-0PVjBb69yJ.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Maxi Rein Rondonuwu mengatakan bahwa pihaknya akan terus mempercepat vaksinasi Covid-19, khususnya di daerah yang terjadi peningkatan kasus penyebaran virus corona.

Ia menambahkan, Kemenkes juga berkejaran dengan ditemukannya varian-varian baru Covid-19. Oleh karena itu, vaksinasi yang dijadwalkan pada bulan Juli 2021 kini mulai dijalankan khususnya di daerah yang padat penduduk yang berpotensi tinggi penularan Covid-19.

“Sebenarnya pada bulan Juni ini pun kita sudah mulai dengan perkembangan-perkembangan yang ada termasuk dengan adanya varian baru, sehingga tahap ketiga ini sudah kita mulai pada daerah-daerah padat. Kemudian juga pak Presiden pun telah meminta agar diselesaikan vaksinasinya,” ungkap Maxi pada talkshow di Radio Kesehatan Kemenkes, Rabu (2/6/2021).

Baca juga: Kemenkes Beri Layanan Konseling Berhenti Merokok

Selain itu, Maxi mengatakan vaksinasi saat ini juga akan menyasar Cilacap dan Kudus yang kasus Covid-19 mulai meningkat. “Juga termasuk di daerah yang kasusnya meningkat yang akhir-akhir ini di Cilacap dan Kudus. Termasuk di daerah yang kita curigai ada varian baru Covid-19 yang terdapat di daerah itu.”

Maxi pun menegaskan bahwa beberapa upaya juga terus dilakukan untuk mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 di Tanah Air. “Pemerintah saat ini akan terus melakukan proses percepatan.”

“Kalau kita ketahui bersama bahwa dari tempat vaksinasi yang sudah kita lakukan percepatan yang sebelumnya hanya berbasis pada fasilitas kesehatan itu rumah sakit pemerintah baik yang swasta maupun yang klinik kita terus memperkuat vaksinasi berbasis institusi ada di kantor, ada di kantor TNI/Polri, ada di Mal, tempat ibadah, juga tempat lain yang bisa digunakan pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah untuk melakukan upaya, termasuk mobil drive thru,” tutur Maxi.

Baca juga: Varian Baru Covid-19 Terus Bermunculan, Perlukah Vaksinasi Berkali-kali?

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini