Firli : Seluruh Pegawai KPK yang Lolos TWK Ikut Pelantikan ASN

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 01 Juni 2021 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 337 2418599 firli-seluruh-pegawai-kpk-yang-lolos-twk-ikut-pelantikan-asn-S4T7A1LROw.jpg Ketua KPK Firli Bahuri (tengah). (Foto : Okezone/Arie Dwi Satrio)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memastikan seluruh pegawai yang lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) mengikuti pelantikan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), pada hari ini. Jumlah seluruh pegawai yang lolos TWK dan kemudian dilantik menjadi ASN sebanyak 1.271 orang.

"Total pegawai KPK yang hadir dalam acara pelantikan pegawai KPK sebagai ASN tanggal 1 Juni 2021 adalah 1.271 orang pegawai (semua yang memenuhi syarat untuk dilantik)," kata Firli saat menggelar konpers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (1/6/2021).

Firli membeberkan, dari total tersebut, sebanyak 85 pegawai KPK mengikuti pelantikan secara fisik dari Gedung ACLC atau kantor lama KPK di Jalan HR Rasuna Said Kavling C1, Jakarta Selatan. Kemudian, sambungnya, yang hadir secara fisik di Gedung Merah Putih KPK sebanyak 354 orang.

"Hadir secara fisik di Rutan Guntur KPK sebanyak 12 orang pegawai dan hadir secara virtual melalui aplikasi zoom sebanyak 820 orang pegawai," katanya.

Baca Juga : Pesan Firli ke Pegawai KPK yang Baru Dilantik Jadi ASN : Wajib Menjiwai Pancasila

Lebih lanjut, Firli menjelaskan dari 1.271 pegawai yang dilantik tersebut, dua di antaranya merupakan pemangku Jabatan Tinggi Pimpinan (JPT) Madya; 10 pemangku Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama; 13 pemangku jabatan administrator; dan sisanya atau berjumlah 1.246 orang adalah pemangku jabatan fungsional dan pelaksana.

"Sebelumnya, dari 1.274 pegawai KPK yang dinyatakan memenuhi syarat (MS), terdapat tiga pegawai yang tidak turut dilantik hari ini karena satu pegawai mengundurkan diri; satu pegawai tidak memenuhi persyaratan pendidikan; dan satu pegawai meninggal dunia," ujarnya.

Firli menjelaskan, pengalihan status pegawai KPK menjadi ASN merupakan amanat UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. UU Nomor 19 Tahun 2019 Pasal 1 angka 6 menyebutkan bahwa KPK adalah ASN.

Baca Juga : Ketika Firli Bahuri Singgung Perang Badar saat Melantik Pegawai KPK Jadi ASN

"Terima kasih kepada seluruh pegawai KPK yang telah mengikuti, bekerja sama, dan mendukung seluruh rangkaian proses pengalihan pegawai KPK menjadi ASN hingga hari ini," tutur Firli.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini