Arab Saudi Belum Putuskan Ibadah Haji 2021, Kemenag Belum Bisa Finalisasi 9 Isu

Widya Michella, MNC Media · Selasa 01 Juni 2021 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 337 2418357 arab-saudi-belum-putuskan-ibadah-haji-2021-kemenag-belum-bisa-finalisasi-9-isu-XGgdCJXdU7.jpg Ilustrasi.

JAKARTA – Arab Saudi hingga saat ini belum memberikan kepastian terkait pelaksanaan ibadah haji 1442 H. Hal ini membuat pemerintah belum dapat memfinalisasi penyelenggaraan haji untuk jamaah Indonesia.

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai persiapan, namun isu-isu utama terkait penyelenggaraan ibadah haji yang belum dapat diputuskan sebelum ada pengumuman resmi mengenai kuota haji dari Pemerintah Arab Saudi.

BACA JUGA: Ibadah Haji 2021 Batal atau Tidak? Besok Kepastiannya!

"Semuanya belum bisa difinalisasi baru dapat diselesaikan apabila besaran kuota haji secara resmi dan aturan protokol kesehatan (Prokes) yang hingga kini belum dipastikan Pemerintah Arab Saudi," papar Menag dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI terkait Tindak Lanjut Persiapan Penyelengaraan Ibadah Haji 1442 Hijrah dan isu-isu aktual Senin, (31/5/2021).

Isu-isu yang belum dapat difinalisasi Kemenag adalah:

1. Kontrak penerbangan

2. Pelunasan biaya perjalanan haji

3.penyiapan dokumen perjalanan

4. Penyiapan petugas

5. pelaksanaan bimbingan manasik

6. Penyiapan layanan akomodasi jamaah

7. Penyiapan konsumsi jamaah

8. Penyiapan transportasi darat jamaah di Arab saudi

9. Berbagai pelayanan lain untuk jamaah haji di Arab saudi

BACA JUGA: Menag Yaqut Belum Dapat Kepastian dari Arab Saudi Tentang Ibadah Haji

Hingga saat ini pemerintah kerajaan Arab Saudi belum memberikan kepastian pelaksanaan ibadah haji 1442H yakni pada tanggal 14 Juli 2021 atau tinggal tersisa 1,5 bulan lagi. Apakah nantinya akan dilaksanakan untuk jamaah di dalam negeri atau mengundang jamaah haji diluar negeri.

"Haji ini menjadi kewenangan Saudi Arabia apakah ia membuka atau tidak untuk jamaah haji dari luar atau hanya dari Saudi Arabia itu kewenangan mereka tetapi tentu kita tidak hanya sekedar menunggu secara teknis bersama Komisi VIII sudah mempersiapkan hal-hal yang mesti dilakukan jika Arab Saudi membuka negaranya untuk berhaji,"papar Menag.

Nantinya Menag akan bertemu Presiden Jokowi untuk menyampaikan situasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 1442 H tersebut. "Saya akan sampaikan situasinya seperti apa, kita sudah menyiapkan apa, para komisi VIII ingin mengungkap dan berharap seperti apa. Saya mohon waktu untuk disampaikan kepada presiden sampai Rabu insya Allah segera komunikasi kepada presiden dan kita akan membuat keputusan apakah kita menunggu terus atau putuskan sendiri,"jelas Menag.

Rapat kerja terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 akan dilanjutkan pada Rabu, (2/6/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini