Hari Lahir Pancasila, Pemuda Perindo Ajak Masyarakat Jaga Persatuan

Tim Okezone, Okezone · Selasa 01 Juni 2021 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 337 2418353 hari-lahir-pancasila-pemuda-perindo-ajak-masyarakat-jaga-persatuan-NgmOdXtRiG.jpg Direktur Eksekutif Pemuda Perindo, Benedictus (foto: ist)

JAKARTA - Direktur Eksekutif Pemuda Perindo, Benedictus Telaumbanua, mengajak masyarakat Indonesia memeriahkan dan menyemarakkan peringatan Hari Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni.

"Sejak tahun 2016 tanggal 1 Juni dijadikan hari libur nasional dimana pemerintah bersama seluruh komponen bangsa memperingati hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni," kata Beni di Kantor Sekretariat DPP Pemuda Perindo, Jakarta, Selasa (1/6/2021).

Baca juga; Ini Pidato Lengkap Presiden Jokowi dalam Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

Beni mengingatkan agar semua penyelenggaraan kegiatan peringatan hari lahir Pancasila tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kita berharap seluruh masyarakat turut mengibarkan bendera merah putih selama satu hari penuh, baik di tiap instansi pemerintah dan lembaga, maupun di rumah masing-masing pada tanggal 1 Juni ini. Hal ini sebagai bentuk penghargaan perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila," ujar Beni.

Baca juga; Hari Lahir Pancasila, Begini Penjelasan Bung Hatta soal Isi Sila Keempat

Beni meminta semua elemen masyarakat perlu menjadikan peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2021 ini sebagai momentum untuk bersama-sama menjaga persatuan dan toleransi. Pancasila agar tidak hanya semata-mata diucapkan, tetapi dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, sebab selama ini Pancasila terbukti mampu mempersatukan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

"Pancasila telah mempersatukan pulau-pulau di seluruh Nusantara, agama dan suku bangsa Indonesia. Seluruh elemen bangsa harus bersatu padu di dalam bingkai ideologi Pancasila, menjaga Pancasila dan NKRI dengan keanekaragamannya," tegas Beni.

Beni pun mengingatkan bahwa ada saja pihak yang mau merongrong kebhinekaan.

Sebab, masih ada perbedaan pemahaman mengenai bhineka mulai dari alam pikiran, sikap, sampai pada tindakan. "Padahal, Pancasila sangat jelas merupakan ideologi bangsa yang terbaik saat ini," ujar Beni asal Sumatera Utara itu.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini