Operasi Nemangkawi Diperpanjang, Seluruh Pasukan Diintegrasikan Polri, TNI, dan BIN

Tim Okezone, Okezone · Selasa 01 Juni 2021 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 337 2418346 operasi-nemangkawi-diperpanjang-seluruh-pasukan-diintegrasikan-polri-tni-dan-bin-5ajbnnfgXO.jpg Satgas Nemangkawi (foto: istimewa)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Papua, untuk memantau perkembangan operasi Nemangkawi dalam memberantas teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, pada Kamis 6 Mei 2021.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone, Selasa (1/6/2021). Operasi kepolisian terpusat Nemangkawi 2021 tahap I, akan berakhir pada 30 Juni 2021, sesuai hasil anev dengan rakor dengan instansi terkait dalam penanganan Papua serta hasil kunker Kapolri ke Papua, maka perlu adanya satu komando operasi yang mengintegrasikan seluruh satuan baik Polri, TNI dengan BIN dengan manajemen operasi diserahkan kepada Satuan Wilayah.

Baca juga;  Operasi di Papua Bukan untuk Balas Dendam, BNPT Masih Lakukan Pendekatan Halus ke KKB

Sebagai persiapan awal pelaksanaan operasi kewilayahan tersebut, maka sisa waktu satu bulan (1-30 Juni 2021) pelaksanaan operasi dialihkan komando dan pengendaliannya menjadi operasi kewilayahaan tingkat Polda yaitu Polda melibatkan personel, Mabes Polri dan atau Polres (backup Mabes Polri).

Baca juga;  Ancaman KBB Meningkat, Polri Beri Perhatian Khusus Pada 4 Kabupaten di Papua

Kapolda sebagai penanggung jawab kebijakan operasi (PJKO) dan Pangdam XVII/Cenderawasih sebagai wakil PJKO dengan pejabat pelaksana operasi serta komposisi perkuatan personel yang sudah ada/ tergelar saat ini sesuai renops Kepolisian terpusat "Nemangkawi-2021" (tahap I).

Agar Kapolda selaku PJKO segera menindaklanjuti dengan langkah administrasi dan mengkonsolidasikan seluruh perkuatan yang ada sehingga pelaksanaan operasi dapat berjalan efektif dalam menyelesaikan target operasi.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini