Deretan "Dosa" Pesepeda, Terobos Lampu Merah hingga Ambil Jalur Pemotor

MNC Portal, · Selasa 01 Juni 2021 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 337 2418330 deretan-dosa-pesepeda-terobos-lampu-merah-hingga-ambil-jalur-pemotor-cfgpS7Zss9.jpg Pesepeda yang melintas di jalur kanan Sudirman (foto: MNC Portal/Widya)

JAKARTA - Akhir-akhir pesepeda sedang jadi sorotan karena sebagian pegowes tak tertib lalu lintas. Contohnya ada yang melanggar rambu lalulintas, melawan arus, hingga melintas di trotoar. Bahkan ada yang nekat melaju di jalur cepat sehingga membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Temuan pelanggaran itu tertangkap kamera hingga akhirnya viral di media sosial. Pelanggaran apa saja yang viral itu, berikut selengkapnya dirangkum oleh Tim Litbang MNC Portal pada Selasa (1/6/2021).

Baca juga;  Polisi Kaji Sanksi Pesepeda yang Nakal ke Luar Jalur Khusus

Juni 2020

Video viral pesepeda menerobos lampu merah ini ramai di media sosial twitter. Akun Twitter @alexjourneyID, Minggu (28/6/2020) membagikan rombongan pesepeda yang terobos lampu merah di Tegal, Jawa Tengah.

Baca juga; Ngadem di Minimarket, Perilaku Rombongan Pesepeda Lagi-lagi Jadi Sorotan

Rombongan pesepeda itu kompak menerobos lampu merah disaat kendaraan yang lainnya tetap berhenti. Terlihat dari arah depan sebuah mobil hendak melintas terganggu dengan keberadaan pesepeda. Aksi pesepeda yang menerobos lampu merah tersebut mendapat respon dari warganet.

 

Juli 2020

Melalui akun instagram @newdramaojol.id, beredar video para sepeda itu dengan santai dan percaya diri menerobos persimpangan jalan, yang saat itu kondisinya diwajibkan berhenti, lantaran lampu lalu lintas yang menyala berwarna merah.

Video memperlihatkan pesepeda di jalur paling kiri tetap melaju, sementara kendaraan bermotor lainnya berhenti. Hal tersebut langsung menuai beragam komentar dari warga pengguna Instagram.

 

Juli 2020

 

Di media sosial instagram viral video sekelompok komunitas pesepeda di Palembang yang bersepeda di area pendestrian yang selama ini khusus digunakan pejalan kaki.

Video yang berdurasi 21 detik di sejumlah akun media sosial instagram tersebut, terlihat rombongan pesepeda di Palembang mengayuh sepeda di area pedestrian Sungai Sekanak Palembang.

Juli 2020

Dalam video yang sudah diunggah sejak 16 September 2019 ini kembali viral. Video yang diunggah ke kanal Youtube Lucas Brunelle, tampak bule yang bersepeda di jalanan Jakarta yang ramai kendaraan. Dia bersepeda melawan arus lalu lintas.

Maret 2021

Viral video yang diunggah Sabtu, 6 Maret 2021 rombongan pesepeda yang menggunakan hampir sebagian besar badan jalan di jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Terlihat pengendara membunyikan klakson beberapa kali untuk meminta jalur jalan, namun rombongan pesepeda tersebut terlihat tak peduli. Hal tersebut menuai beragam komentar dari warganet yang salah satunya:

"Jalur pejalan kaki yang make pedagang,jalur sepeda yang make pemotor jalur mobil yang make pesepeda," tulis @tguhim.

"Pdhl jelas2 udh dibikinjn jalur sepeda udh ada batasnya," tulis @bdavidaziz.

"Wah iya tuh tadi gw lewat juga. Padahal udah ada jalur sepeda disitu. Giliran ketabrak kita yang kena," tulis @ikhsanr63.

21 Mei 2021

Viral rombongan pesepeda pleton melintas di jalur Sudirman. Sekilas tidak ada yang salah karena mereka bersepeda di jalur yang telah ditentukan. Namun dari video tersebut terlihat seorang petugas menggunakan motor gede berada di sisi jalan mengawasi jalannya rombongan pesepeda.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo sudah mengecek video tersebut, dan ia memastikan anggota yang mengawal itu bukan anggotanya.

Dijelaskan bahwa Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran melarang anggotanya mengawal kendaraan mewah hingga sepeda. Fadil Imran meminta personel membangun tradisi baru, yakni polisi tidak memberikan pelayanan khusus kepada kelompok tertentu saja. Pengawalan khusus kepada kelompok tertentu hanya dapat menimbulkan kecemburuan sosial.

28 Mei 2021

Viral di media sosial twitter tagar plat AA. Dalam video tersebut terlihat pengendata sepeda motor dengan plat AA mangacungkan jari tengah kepada para pesepeda. Dalam foto viral tersebut diketahui lokasinya berada di Jakarta. Diduga pengendara motor tersebut kesal lantaran gerombolan pesepeda yang memenuhi jalan raya.

Salah satu akun twitter yang mengunggah foto itu adalah @samartemaram pada 27 Mei 2021 pukul 14.12 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini