Humor Gus Dur : Pengail Ikan Menolong Pemimpin yang Hanyut

Doddy Handoko , Okezone · Selasa 01 Juni 2021 07:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 337 2418307 humor-gus-dur-pengail-ikan-menolong-pemimpin-yang-hanyut-EtejkNUVeF.jpg Presiden ke-4 RI, Abdurahman Wahid (foto: istimewa)

JAKARTA - Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dikenal memiliki selera humor yang tinggi. Humor-humor Gus Dur cerdas namun bisa membuat yang membaca tertawa terpingkal-pingkal. Berikut cuplikan humor atau anekdot Gus Dur yang diambil dari NU.online.

Mengenai kebosanan terhadap sebuah rezim, yang sering diceritakan oleh Gus Dur merupakan adaptasi dari humor barat.

Baca juga;  Humor Gus Dur: Takut Kualat pada Gus Dur

Ada seorang pemimpin yang sudah lama memimpin, pada suatu hari berkeliling di pinggiran hutan dengan berkendaraan kuda. Ketika akan menyeberang sebuah jembatan, kuda yang dinaikinya terkejut melihat derasnya arus sungai di bawah jembatan itu.

Sang pemimpin terjatuh dari kudanya dan terperosok ke dalam sungai itu, dan hanyut terbawa arus deras. Namun, setelah hanyut cukup jauh, ia ditolong oleh seorang pengail ikan yang pekerjaannya tiap hari mengail di tempat itu.

Baca juga: Humor Gus Dur: Banser Tolak Perintah Presiden

Dengan rasa terima kasih sangat besar, ia menyatakan kepada pengail miskin itu siapa dirinya, dan betapa besarnya jasa pengail itu kepada negara, dengan menolong dirinya.

Ditanyakannya kepada pengail tersebut, apa hadiah yang diinginkannya sebagai imbalan atas jasa sedemikian besar itu.

Dengan kelugasan orang kecil, pengail itu menjawab: “Satu saja, Paduka. Tolong jangan ceritakan kepada siapa pun bahwa sayalah yang menolong Paduka.”

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini