PPKM Mikro Diberlakukan Hari Ini, Kenali 4 Zonasi Pengendalian Tingkat RT

Tim Okezone, Okezone · Selasa 01 Juni 2021 05:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 337 2418288 pkm-mikro-diberlakukan-hari-ini-kenali-4-zonasi-pengendalian-tingkat-rt-pefLsuXGej.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah kembali melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang akan diterapkan di seluruh provinsi di Indonesia mulai hari ini, Selasa (1/6/2021) hingga 14 Juni 2021 mendatang.

Adapun dalam PPKM Mikro pada pengendalian wilayah tingkat RT dilakukan dengan sistem zonasi. "Mulai 1 Juni besok, PPKM Mikro akan mulai diterapkan di semua provinsi. Ini beberapa poin aturannya," tulis akun Twitter @perupadata.

Setiap perkantoran, rumah bbadah dan rumah makan diatur dengan batasan maksimal 50 persen. Sementara untuk kegiatan seni budaya dibaasi sampai 25 persen dan pusat perbelanjaan hanya beroperasi hingga pukul 21.00 WIB.

Sedangkan untuk sekolah dilakukan secara daring dan tatap muka. Ujicoba tatap muka terbatas harus seizin Satgas Covid-19 di daerah. Sedangkan untuk wisata indoor dilakukan screening tes antigen atau genose.

Baca juga: Besok PPKM Mikro Berlaku Seluruh Provinsi, Ini Pesan Satgas Covid-19

Adapun zonasi pengendalian wilayah tingakt RT terbagi dalam empat bagian. Pertama zona hijau yang berarti tidak ada kasus positif Covid-19. Kedua zona kuning yang ditemukan kasus positif dalam 1 sampai 2 rumah saja.

Ketiga zona oranye yang dimana kasus positif ditemukan dalam 3-5 rumah. Pelacakan kontak erat, penutupan tempat bermain anak hingga penutupan rumah ibadah harus dilakukan.

Baca juga: Panglima TNI: PPKM Skala Mikro Masih Menjadi Strategi Pemerintah untuk Kendalikan Covid-19

Keempat adalah zona merah. Dalam zona merah pastinya ada positif Covid-19 lebih dari 5 rumah. Tindakan pelacakan kontak erat, penutpan rumah ibadah, penutupan tempat umum kecuali sektor esensial, melarang kerumunan dan penutupan akses. RT tersebut diminta melakukan lockdown lokal.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini