3 Tokoh yang Pernah Dianggap Menghina Pancasila

Tim Okezone, Okezone · Selasa 01 Juni 2021 06:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 337 2418241 3-tokoh-yang-pernah-dianggap-menghina-pancasila-BEg2mT7sw1.jpg Ilustrasi (Foto : Istimewa)

PANCASILA merupakan dasar negara yang berfungsi sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia. Di dalam sila-sila pancasila terdapat hak-hak sebagai selayaknya manusia yang terkandung di dalamnya.

Namun, ada beberapa orang yang harus berurusan dengan hukum karena dianggap menghina Pancasila, berikut ini 3 di antaranya.

1. Habib Rizieq Shihab

Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab ditetapkan Polda Jabar sebagai tersangka kasus dugaan penodaan Pancasila pada 2017. Rizieq dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Ketua Umum Partai Nasional Indonesia (PNI) Marhaenisme Sukmawati Soekarnoputri.

Sukmawati memperkarakan ceramah Rizieq dalam sebuah tablig akbar yang dinilai telah menghina Pancasila dan Bapak Proklamator Indonesia. Kalimat tersebut adalah 'Pancasila Sukarno ketuhanan ada di pantat, sedangkan Pancasila Piagam Jakarta ketuhanan ada di kepala'.

Atas kasus tersebut, Habib Rizieq senoat menjadi tersangka namun penyidikan dihentikan lantaran polisi merasa tidak cukup alat bukti untuk melanjutkan kasus tersebut.

Rahma Sarita dianggap hina Pancasila (Foto : Istimewa)

2. Rahma Sarita

Rahma Sarita, staf tenaga ahli Majelis Permusyawaratan Rakyat dipecat oleh atasannya, Lestari Moerdijat. Konten media sosial yang memelesetkan Pancasila, lambang negara Indonesia sebagai ‘Pancasila versi negara Wakanda’ menjadikan mantan presenter itu kehilangan posisi sebagai staf tenaga ahli.

Lestari sendiri merupakan politikus Partai NasDem yang terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 lewat daerah pemilihan Jawa Tengah II. Setelah terpilih, ia mendapat tugas dari ketua umum Nasdem menduduki jabatan wakil ketua MPR RI.

3. Zaskia Gotik

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Fahira Fahmi Idris melaporkan artis dangdut Zaskia Gotik ke Polda Metro Jaya terkait dengan dugaan penghinaan dan pelecehan terhadap lambang dalam sila kelima Pancasila.

Zaskia dinilai telah secara sengaja merendahkan lambang tersebut. Zaskia menyebut lambang sila kelima Pancasila adalah 'bebek nungging'.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini