Hari Lahir Pancasila: Gedung Pancasila Tempat Menjamu Tamu Luar Negeri

Tim Okezone, Okezone · Selasa 01 Juni 2021 07:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 337 2418236 hari-lahir-pancasila-gedung-pancasila-tempat-menjamu-tamu-luar-negeri-tAtX3Q5n3r.jpg Gedung Pancasila (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Gedung Pancasila saat ini dimanfaatkan untuk mengadakan kegiatan-kegiatan internasional seperti resepsi untuk menghormati kunjungan petinggi-petinggi asing ke Indonesia.

Gedung ini juga menjadi tempat penandatanganan perjanjian dengan negara lain dan organisasi internasional, pertemuan bilateral dan resepsi diplomatik dalam rangka menyambut kunjungan para menteri luar negeri negara sahabat serta jamuan makan resmi dan tidak resmi.

Menteri Luar Negeri menyambut sebagian besar tamu-tamu beliau di gedung bersejarah ini. Menteri juga memimpin upacara sumpah jabatan bagi para pejabat senior, konsul jenderal maupun upacara untuk mengakhiri masa jabatan dinas luar negeri di gedung tersebut. Demikian dilansir dari laman Kemlu

Gedung Pancasila juga sering menjadi tempat acara jamuan makan pagi, Foreign Policy Breakfast, dimana Menteri Luar Negeri mengundang para pemimpin dan tokoh dari kelompok-kelompok masyarakat untuk mendiskusikan kebijakan luar negeri dan masalah-masalah hubungan internasional.

Foreign Policy Breakfast merefleksikan satu transformasi yang terjadi karena era reformasi dimana suara rakyat adalah hal yang sama pentingnya dengan parlemen dan partai politik, organisasi non-pemerintah dan masyarakat sipil, media masa, akademisi dan para pakar, memilki kepentingan yang lebih besar dalam formulasi dan pengadaan kebijakan luar negeri Indonesia.

Baca Juga : Pegawai KPK Dilantik, Kepala BKN: Be The Best PNS

Tentu saja, peranan para tokoh atau lembaga tersebut merupakan unsur pokok kebijakan luar negeri dan pelaku-pelaku penting dalam hubungan internasional sebagai konsekuensi perwujudan masyarakat yang demokratis dan terbuka.​​

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini