Berikut Daftar Negara Punya UU Perlindungan Data Pribadi, Denda Rp356 Miliar Menanti!

Tim Okezone, Okezone · Senin 31 Mei 2021 20:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 337 2418183 berikut-daftar-negara-punya-uu-perlindungan-data-pribadi-denda-rp356-miliar-menanti-8LBToxfDq3.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - General Data Protection Regulation adalah regulasi dalam hukum Uni Eropa (UE) yang mengatur perlindungan data pribadi. GDPR mulai berlaku 25 Mei 2018.

Regulasi tersebut memberikan penyesuaian bagi negara-negara Eropa terhadap realitas mengenai penggunaan teknologi digital. Hal itu turut memperkuat hak-hak warga negara Eropa dan memberikan lebih banyak kontrol atas data pribadi.

Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi di Indonesia saat ini masih dalam tahap pembahasan di DPR, sejak September 2020.

Baca juga: Mengerikan! Ini Bahaya Data Pribadi Bocor, Digunakan untuk Akses Pinjol hingga Tujuan Politik

Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Rizal E. Halim mengatakan, RUU ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari amanat UU 8/1999 khusunya di tengah era digital dan perubahan lanskap bisnis yang berdampak pada perubahan perilaku konsumsi.

RUU PDP ini, katanya, penting tidak hanya untuk memberikan rasa aman terhadap penggunaan data pribadi oleh penyedia barang/jasa tetapi juga memberi jaring pengaman bagi tindakan kejahatan lintas negara (cross border issues).

Baca juga: Menkes Budi Minta Maaf karena Data Internal Kemenkes Bocor

"Kasus kebocoran data, pencurian data dan lainnya akan berimbas pada rentannya berbagai tindak tindak kejahatan," ujar Rizal hari ini di Jakarta, 30 Desember 2020.

Berdasarkan data Litbang MNC Portal, berikut negara ASEAN yang telah punya UU Perlindungan Data Pribadi:

1. Malaysia

Pada 2010, Malaysia melakukan peninjauan UU Perlindungan Data Pribadi untuk memastikan regulasi tersebut efisien dengan GDPR UE (General Data Protection Regulation Uni Eropa).

2. Singapura

Negara dengan ikon Merlion Park telah mengeluarkan UU Perlindungan Data Pribadi pada 2012.

3. Filipina

Undang-Undang Privasi Data Filipina mulai berlaku pada 2016 dan regulator telah mengeluarkan rekomendasi untuk memastikan kepatuhan dengan undang-undang perlindungan data.

4. Thailand

Pada 2019, Thailand mengeluarkan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi.

Lantas, berikut sejumlah negara yang menerapkan denda bagi pelaku penyalahguanaan data pribadi, sebagai berikut:

1. Australia

UU Perlindungan Data Pribadi mulai diberlakuan pada 2018. Apabila ada yang melanggar akan terkena denda 1,8 juta AUD.

2. Chili

Ketidakpatuhan terkait UU Perlindungan Data diklasifikan berdasar tingkatan. 55 EUR untuk pelanggaran paling kecil, hingga sekitar 530.000 EUR.

3. Kanada

Pada 17 November 2020, pemerintah Kanada memperkenalkan UU Perlindungan Data Pribadi. Perusahaan yang melanggar UU ini akan dikenakan denda 5% dari pendapatan global atau USD25 juta atau Rp356 miliar (1 USD = Rp14.252).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini