Share

Ini Alasan Jokowi Tetapkan 1 Juni sebagai Hari Libur Nasional

Tim Okezone, Okezone · Selasa 01 Juni 2021 05:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 337 2418002 ini-alasan-jokowi-tetapkan-1-juni-sebagai-hari-libur-nasional-yCm0v99E6Z.jpg Presiden Jokowi. (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Dengan penetapan itu, tiap 1 Juni menjadi ditetapkan sebagai hari libur nasional sejak 1 Juni 2017.

Jokowi mengatakan, penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila telah melalui proses panjang dan penuh pertimbangan.

"Ini sebuah perjalanan panjang yang menjadi pertimbangan, yang sudah melalui kajian yang mendalam yang intinya adalah bahwa Pancasila itu sebagai ideologi negara," kata Jokowi saat peringatan Hari Lahir Pancasila dan Peringatan Pidato Bung Karno di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Rabu (1/6/2016).

Ia menjelaskan, dalam tatanan negara Indonesia, Pancasila berada dalam posisi tertinggi. Karena itu, wajib diberikan penghormatan oleh siapapun.

"Ini adalah posisi tertinggi dalam sebuah negara. Sehingga kita putuskan 1 Juni ditetapkan kemudian diliburkan dan diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila," ucapnya.

Baca Juga : Hari Lahir Pancasila: Peran Penting Soekarno dalam Perumusan Pancasila

Jokowi mengatakan, usai menetapkan Hari Lahir Pancasila, dirumuskan agar nilai-nilai Pancasila dapat diimplementasikan ke dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga : Hari Lahir Pancasila, Jalan Cerita Pancasila Menjadi Ideologi Negara Indonesia

(erh)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini