Share

Pimpinan DPR: Informasi Terbaru, Indonesia Tak Dapat Kuota Haji 2021

Tim Okezone, Okezone · Senin 31 Mei 2021 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 337 2417997 pimpinan-dpr-informasi-terbaru-indonesia-tak-dapat-kuota-haji-2021-BNXfvBKNQ9.jpeg Sufmi Dasco Ahmad. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Vaksin Sinovac digunakan calon jamaah haji Indonesia belum mendapat sertifikasi izin dari badan kesehatan dunia atau WHO. Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengaku mendapat informasi bahwa Indonesia tak dapat kuota Haji 2021 imbas izin yang belum keluar itu.

“Informasi terbaru yang kita dengar kita enggak dapat kuota haji,” ujar Dasco di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Baca juga: Dubes Saudi: Tak Lama Lagi Akan Diumumkan Pelaksanaan Haji 2021

Menurut Dasco, kejadian ini harus jadi pelajaran berharga. Namun, dia menyerahkan penjelasan lengkap tentang hal ini kepada Komisi VIII DPR dan pimpinan DPR lainnya. Terutama soal alasan Indonesia tak mendapat kuota haji.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Agama (Kemenag) berkoordinasi dengan WHO Indonesia dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) guna membahas persoalan vaksin Covid-19 keluaran Sinovac untuk jamaah haji Indonesia. Kemenag juga telah berkoordinasi dengan Kemenlu RI terkait persoalan ini.

Baca juga: Kemenag Koordinasi dengan WHO soal Sinovac yang Digunakan Jamaah Indonesia

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Khoirizi mengatakan, sesuai arahan Menag Yaqut Cholil Qoumas, pihaknya akan terus melakukan persiapan dan proses mitigasi hingga ada kepastian dari Saudi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini