Share

Pancasila Memiliki 9 Fungsi Penting, Apa Saja?

Susi Susanti, Koran SI · Selasa 01 Juni 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 337 2417925 pancasila-memiliki-9-fungsi-penting-apa-saja-NZMsGkA24y.jpg Ilustrasi Hari Lahir Pancasila (Foto: Okezone)

JAKARTA – Kehadiran Pancasila di kehidupan bernegara dan berbangsa sangatlah penting. Selain memiliki lambang dan makna di setiap silanya, Pancasila juga memiliki fungsi sebagai dasar negara.

Berikut fungsi Pancasila sebagai dasar negara dikutip dari data Litbang MNC Portal Indonesia.

1. Pancasila sebagai ideologi negara

Dapat diartikan sebagai visi atau arah dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Dengan terwujudnya suatu kehidupan yang menjunjung tinggi ketuhanan, nilai kemanusiaan, kesadaran akan kesatuan, berkerakyatan, dan menjunjung tinggi nilai keadilan, termasuk keadilan sosial. Merupakan tujuan bersama Bangsa Indonesia yang diimplementasikan dalam Pembangunan Nasional yang mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila dalam wadah NKRI yang merdeka, berdaulat dan bersatu.

 (Baca juga: Hari Lahir Pancasila, Soekarno: Saya Bukan Pencipta Pancasila)

2. Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia

Sebagai dasar falsafah atau filosofi negara menjadikan pancasila sebagai dasar untuk mengatur pemerintahan negara; mengatur penyelenggaraan aparatur negara yang sesuai dengan bunyi dan isi yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

3. Pancasila sebagai jiwa Bangsa Indonesia

Bahwa setiap bangsa memiliki jiwanya masing-masing yang disebut Volkgeist, artinya jiwa rakyat atau jiwa bangsa. Pancasila sebagai jiwa bangsa lahir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia yaitu zaman Sriwijaya dan Majapahit. Pancasila itu sendiri telah ada sejak adanya Bangsa Indonesia.

(Baca juga: Hari Lahir Pancasila, Menyelami Pemikiran Wahid Hasyim di Sila Pertama) 

4. Kepribadian Bangsa Indonesia

Diwujudkan dalam sikap mental dan tingkah laku serta amal perbuatan sikap mental. Sikap mental dan tingkah laku memiliki ciri khas, artinya dapat dibedakan dengan bangsa lain.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

5. Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesi

Semua aktivitas Bangsa Indonesia harus sesuai dengan ruh sila-sila dari Pancasila. Sebab pancasila merupakan kristalisasi dari nilai yang dimiliki Bangsa Indonesia (Nilai dan jiwa ketuhanan-keagamaan, Nilai dan jiwa kemanusiaan, Nilai dan jiwa persatuan, Nilai dan jiwa kerakyatan-demokrasi, Nilai dan jiwa keadilan sosial)

6. Sumber dari segala sumber

Di sini Pancasila sebagai sumber tertib hukum bagi Negara Republik Indonesia meliputi pandangan hidup, kesadaran, cita-cita hukum serta cita-cita moral ( kejiwaan serta watak bangsa Indonesia. Cita-cita itu meliputi kemerdekaan individu, kemerdekaan bangsa, perikemanusiaan, keadilan sosial dan perdamaian nasional.

7. Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia

Perjanjian luhur di sini adalah menyangkut ikrar yang telah dibuat saat memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia bersama sama oleh para pendiri bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia memutuskan untuk merdeka menjadi sebuah Negara pada tanggal 17 Agustus 1945.

8. Falsafah Hidup yang Mempersatukan Bangsa

Pancasila merupakan kepribadian Bangsa Indonesia yang mengandung nilai-nilai dan norma yang diyakini Bangsa Indonesia paling benar, adil, bijaksana, dan tepat untuk mempersatukan rakyat Indonesia. Pancasila di sini merupakan sarana atau alat yang sangat ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia agar tidak terjadinya penyebab terciptanya masyarakat majemuk dan multikultural.

9. Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

Pembukaan UUD 1945 merupakan penuangan jiwa proklamasi atau jiwa Pancasila. Sehingga Pancasila dapat dikatakan sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia. Cita-cita luhur inilah yang kelak akan dicapai oleh bangsa Indonesia selaku bangsa atau Negara.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini