Terima Aduan Pegawai KPK Tak Lolos TWK, Dewas Bakal Periksa Firli dan Seno Adji

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Senin 31 Mei 2021 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 337 2417860 terima-aduan-pegawai-kpk-tak-lolos-twk-dewas-bakal-periksa-firli-dan-seno-adji-iybLPLCevN.jpg Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean. (Foto : MNC Portal/Raka Dwi Novianto)

JAKARTA - Ketua Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Tumpak Hatorangan Panggabean, mengakui pihaknya telah menerima pegaduan dari perwakilan 75 pegawai lembaga antikorupsi itu terkait polemik tes wawasan kebangsaan (TWK).

"Kami sudah menerima pengaduan perwakilan 75 pegawai KPK yang dinyatakan TMS dan saat ini sedang kami lakukan pemeriksaan," ujar Tumpak dalam jumpa pers di Gedung ACLC, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Tumpak menjelaskan, pelaporan tersebut berisi pelanggaran etik yang dilakukan pimpinan KPK yakni Firli Bahuri dkk dalam menerbitkan peraturan yang berhubungan dengan masalah TWK.

"Untuk itu kami sudah mengumpulkan bahan keterangan dan akan berlanjut terus karena ini banyak yang akan diperiksa," ucapnya.

Terkait tanggapan dari beberapa anggota Dewas lainnya, kata Tumpak, hal tersebut merupakan pendapat pribadi. Tumpak menegaskan, Dewas belum pernah mengeluarkan pernyataan secara resmi.

Pihaknya saat ini hanya fokus untuk pemeriksaan beberapa pihak terkait polemik TWK tersebut di antaranya pimpinan KPK Firli Bahuri dkk dan salah satu anggota Dewas Indriyanto Seno Adji.

"Dewas belum pernah berpendapat, masih dalam pemeriksaan. Pemeriksaan yang berhubungan dengan pelanggaran kode etik yang dilaporkan 75 orang TMS itu. Bahkan, bukan hanya pada pimpinan, tapi pada salah satu anggota dewas (Indriyanto) itu juga dilaporkan melanggar kode etik dan kami pemeriksa," ucapnya.

Baca Juga : Komnas HAM Periksa Pengurus WP KPK Terkait TWK Hari Ini

"Oleh karena itu karena pemeriksaan masih berlangsung, tentu Dewas belum dapat memmberi pendapat. Kalau ada pernyataan dari anggota dewas, menurut kami itu pendapat pribadi," ujarnya.

Baca Juga : Debat Wawasan Kebangsaan dengan Firli, Direktur KPK: Yang Kalah Mundur!

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini