Detik-Detik KM Karya Indah Terbakar, Teriakan Histeris Penumpang hingga Evakuasi Korban

Fahmi Firdaus , Okezone · Minggu 30 Mei 2021 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 30 337 2417547 detik-detik-km-karya-indah-terbakar-teriakan-histeris-penumpang-hingga-evakuasi-korban-yAMxXlBAZ1.jpg foto: ist

JAKARTA - Kapal KM Karya Indah terbakar pada pukul 7.00 WIT, tepatnya 5 mil dari arah Timur Laut dari Pulau Limafatola, Sabtu, 29 Mei 2021.

(Baca juga: Basarnas : KM Karya Indah Angkut 275 Orang saat Terbakar)

Kapal yang membawa 275 penumpang tersebut berangkat dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate tujuan Pelabuhan Sannaa, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara.

Redaksi menerima kiriman video evakuasi korban dan detik-detik KM Karya Indah terbakar hebat dari Tim Sosmed KUPP Kelas III Sanana.

(Baca juga: PDIP Ogah Berkoalisi dengan PKS, Ini Reaksi Ahmad Syaikhu)

Tim reaksi cepat atau Quick Response Team (QRT) dari Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui KSOP Kelas II Ternate dan UPP Sanana serta unsur SAR terkait mengevakuasi para penumpang kapal KM Karya Indah yang terbakar di Perairan Pulau Limafatola,

“Kapal Terbakar,” ujar seorang dalam kapal KM Karya Indah.

“Berenang pelan-pelan. Berenang pelan-pelan kemari,” kata perekam kepada penumpang yang sedang dievakuasi.

Dalam tayangan terlihat kapal terbakar dan mengeluarkan asap hitam. Nampak beberapa penumpang sudah di evakuasi menggunakan kapal karet. Ada juga penumpang yang telah mengenakan pelambung dan sedang terombang ambing.

“30 mil dari pelabuhan Sannana, jatuh di perairan Lifmatola. Informasi sementara kami akan cek dulu, tapi informasi dari wa adalah korslet arus pendek dari kapal mesin mera. Informasi sementara, tapi kami akan minta informasi setelah di lapangan komandan,” ujar salah seorang pria dalam video terlihat sedang berkomunikasi dengan atasannya.

Dalam video terlihat kapal KNP.592 mulai meninggalkan pelabuhan. Dilanjutkan tayangan di atas kapal itu, sedang membelah ombak menuju lokasi terbakarnya kapal. Dalam video terlihat jelas kapal KM Karya Indah sudah hangus terbakar. Dan mengeluarkan asap hitam.

Tim penyelamat yang tiba ke lokasi, membantu penumpang untuk pindah dari kapal feri kecil ke kapal evakuasi. Lanjut scene kapal evakuasi berlayar didampingi kapal feri kecil.

Terlihat ibu-ibu yang menangis setelah turun dari kapal. Bahkan ada yang harus dipapah dan digendong oleh petugas disana. Sejumlah korban juga melakukan pengecekan kesehatan kepada petugas gabungan.

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini