Arab Saudi Belum Umumkan Teknis Operasional Haji 1442

Widya Michella, MNC Media · Minggu 30 Mei 2021 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 30 337 2417502 arab-saudi-belum-umumkan-teknis-operasional-haji-1442-1kWNOHSXMi.jpg Ilustrasi. (Foto: Saudi Gazette)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia belum dapat mengambil keputusan terkait persiapan penyelenggaraan dan mitigasi ibadah haji tahun ini, pasalnya hingga saat ini Arab Saudi masih belum mengumumkan teknis teknis operasional penyelenggaraan haji 1442 Hijriah.

"Persiapan berikut mitigasinya terus dilakukan tapi pemerintah belum mengambil keputusan akhir. Arab Saudi juga belum mengumumkan teknis operasional penyelenggaraan haji tahun ini. Yang jelas, apapun keputusan akan dibicarakan antara pemerintah dengan DPR," jelas Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi dalam laman resmi Kemenag, Minggu (30/5/2021).

BACA JUGA: Dubes Saudi: Tak Lama Lagi Akan Diumumkan Pelaksanaan Haji 2021

Ia berharap Arab Saudi bisa segera mengumumkan teknis operasional haji 1442 H terutama permasalahan kuota haji untuk Indonesia, sehingga, Kemenag dan Komisi VIII DPR dapat membahasnya lebih lanjut.

"Selain info dari Saudi, teknis kesiapan Kemenag juga akan dipengaruhi faktor waktu. Itu juga menjadi pertimbangan penting, apakah cukup untuk proses pemberangkatan, pengadaan layanan, dan lainnya," kata Khoirizi.

BACA JUGA: Kemenag Koordinasi dengan WHO soal Sinovac yang Digunakan Jamaah Indonesia

Ia pun menegaskan jika segala keputusan akan dibahas oleh Menag bersama DPR.

"Waktu terus berjalan. Kita akan bahas semua opsi berikut persiapan dan mitigasinya bersama DPR," ujarnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini