Kisah Heroik Ali Sadikin, Jenderal Gaya Hollywood yang Maju Perang Paling Depan

Tim Okezone, Okezone · Minggu 30 Mei 2021 08:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 30 337 2417436 kisah-heroik-ali-sadikin-jenderal-gaya-hollywood-yang-maju-perang-paling-depan-0cmeiKnVxs.jpg Ali Sadikin. (Foto: Kemendikbud)

ALI Sadikin memang dikenal masyarakat sebagai mantan gubernur DKI Jakarta. Tetapi, ternyata Ali Sadikin merupakan seorang tokoh TNI Angkatan Laut.

Keras dan agak kontroverslal. Simpel tapi langsung ke tujuan. Begitulah kesan terhadap sosok yang satu ini. Ia merupakan Gubernur DKI Jakarta yang paling legendaris. 

"Orangnya keras. Dalam bahasa Belandanya malah ada yang berkata dia koppige vent, koppig," begitu Soekarno pernah berkata. 

Lahir di Sumedang, Jawa Barat, 7 Juli 1927, Ali kecil bercita-cita menjadi pelaut. Ia masuk ke Sekolah Tinggi Pelayaran di zaman Jepang. Saat perang kemerdekaan, ia masuk BKR-Laut, cikalbakal TNI-AL. Demikian dikutip dari buku 100 Tokoh yang Mengubah Indonesia, Penerbit Narasi.


Baca juga: Peristiwa 20 Mei: Hari Kebangkitan Nasional hingga Mantan Gubernur DKI Ali Sadikin Wafat


Baca juga: Mengenal Suparman Nyompa, Ketua Majelis Hakim Kasus Habib Rizieq Punya Pesantren dan Madrasah Gratis

Kemudian ia dikirim ke Tegal, Jawa Tengah untuk membentuk pangkalan AL dan Korps Marinir. Selain bertempur melawan Agresi Belanda I dan II . Ali Sadikin juga turut menumpas Permesta di Sulawesi Utara.

Menurut cerita, dengan gagah berani ia maju ke garis depan, berlari sambil memberondongkan senapan mesin. Teman-teman Ali menamakanya "Gaya Hollywood" alias Hollywood Style.

Setelah pensiun dari kemiliteran dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal (Letjen) KKO dan tidak lagi menjabat Gubernur DKI, Bang Ali masih menjalin kontak dengan tokoh-tokoh nasional yang memiliki komitmen tinggi terhadap masa depan bangsa. Keterlibatannya dalam Petisi 50 membuat rezim Orde Baru memberangus hak-hak politiknya.

(wdi)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini