Kisah Bung Karno Jempol Kakinya Sakit, Lalu Pakai Sepatu Tenis Bolong Temui Dubes Asing

Doddy Handoko , Okezone · Sabtu 29 Mei 2021 19:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 29 337 2417316 kisah-bung-karno-jempol-kakinya-sakit-lalu-pakai-sepatu-tenis-bolong-temui-dubes-asing-7EvzmJQqm8.jpg Presiden Soekarno (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Guntur Sukarno Putra, menulis tentang kisah-kisah ringan dan humanis dari Bung Karno yang dituangkan di buku, “Bung Karno : Bapakku, Kawanku, Guruku ".

Dari beberapa kisah Guntur, Soekarno tergambar sebagai Bapak-Kawan-Guru, dan Soekarno sebagai manusia penuh gairah, malah kadang-kadang juga berakal nakal.

Suatu saat Bung Karno keasyikan mengorek kuku kakinya, hingga ujung jarinya terkelupas dan berdarah. Lukanya dianggap tak serius, dibiarkan saja tanpa pengobatan.

Beberapa hari kemudian, luka lecet itu terasa ”senut- senut” infeksi. Makin lama makin bengkak, akibatnyu Bung Karno sulit berjalan normal. Langkahnya harus berjingkat-jingkat.

Yang pasti pada saat itu tidak seorang pun berani tertawa. Termasuk Guntur.

Pak jalannya kenapa pincang?

+ Jempolnya bengkak ... Bapak ingin segera sembuh. kau tahu empat hari lagi, aku harus terima surat kepercayaan duta besar asing!

Pada suatu sore ... Pak Adung menemui aku.

+ Mas, Pak Adung mau pinjam gunting, ada? Buat bikin lobang !

Mangga wae (silahkan saja) ... buat apa sih Pak Adung?

+ Buat ngebolongin karet ... Bapak yang suruh.

Karet buat apa?

+ Eh ... itu Mas, sepatu tenis.

Waktu saat penerimaan Dubes akan dimulai, aku mengintip dari kamar untuk melihat Bapak memakai sepatu kepresidennya .... keluarlah Presiden R.I. dengan gagah dan tegapnya mengenakan kopiah hitam yang khas, jas pantalon kebesaran plus sederetan tanda-tanda jasa ... tidak ketinggalan stock komando kepresidenan .

Tampak yang paling bawah .... sepatu tenis yang salah satu ujungnya bolong di mana tersembul ibu jari Bapak yang dibalut perban!.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini