Proses Evakuasi KM Karya Indah Selesai, KSOP Pastikan Semua Penumpang Selamat

Yohannes Tobing, Sindonews · Sabtu 29 Mei 2021 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 29 337 2417247 proses-evakuasi-km-karya-indah-selesai-ksop-pastikan-semua-penumpang-selamat-UVdi38LFee.JPG Foto: Istimewa

TERNATE - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) telah melakukan evakuasi penumpang dan ABK pada insiden terbakarnya KM Karya Indah pada Sabtu (29/05/2021). Kepala KSOP Kelas II Ternate, Affan Tabona memastikan semua proses evakuasi telah selesai dan semua penumpang dan awak kabin selamat.

"Saat ini proses evakuasi terhadap 14 Anak Buah Kapal (ABK) dan 181 penumpang kapal telah selesai dilakukan dan seluruhnya dalam kondisi selamat." kata Kepala KSOP Kelas II Ternate, Affan Tabona dalam keterangan tertulis Sabtu (29/05/2021)

Affan menuturkan proses evakuasi dilakukan oleh KSOP bersama dengan Basarnas. Adapun dalam proses evakuasi tersebut KSOP menurunkan kapal patroli dibantu dengan kapal kapal di sekitar pelabuhan.

“Evakuasi dilakukan bersama dengan Basarnas, kapal patroli UPP Sanana KNP. 592 dibantu sama kapal-kapal yang lain di sekitar Pelabuhan Sanana,” ujarnya.

Kapal KM Karya Indah saat itu mengangkut penumpang berjumlah 181 orang. Secara rinci penumpang tersebut terdiri dari dari 155 orang dewasa, 22 anak dan 4 lansia serta 14 ABK. Ketika dievakuasi Affan menjelaskan bahwa para penumpang sudah menggunakan jaket pengaman sesuai prosedur kedaruratan kapal.

Hingga kini pihaknya belum bisa memastikan penyebab terjadinya insiden kebakaran kapal tersebut. Lebih lanjut Affan mengucapkan apresiasi terhadap sigapnya

"Kami sangat mengapresiasi kesigapan Awak Kapal yang menerapkan SOP Keselamatan dalam kondiai darurat kepada penumpang," tutup Affan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini