2 Jam Mengapung di Laut, Penumpang Kapal KM Karya Indah Baru Dapat Pertolongan

MNC Portal, · Sabtu 29 Mei 2021 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 29 337 2417143 2-jam-mengapung-di-laut-penumpang-kapal-km-karya-indah-baru-dapat-pertolongan-iuxafXHWwa.jpg Kapal KM Karya Indah terbakar (Foto: Ist)

TERNATE Kapal KM Karya Indah terbakar pada pukul 7.00 WIT, tepatnya 5 mil dari arah Timur Laut dari Pulau Lifmatola, Sabtu (29/5/2021). Kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate tujuan Pelabuhan Sannaa, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara.

Kapal KM Karya Inda mengangkut 181 penumpang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak. Berdasarkan rekaman video amatir yang diterima MNC Media, terlihat para penumpang mengalami kepanikan dan berupaya menggunakan baju pelampung milik yang diberikan olek anak buah kapal (ABK).

Baca Juga:  Kapal KM Karya Indah Terbakar, Para Penumpang Panik Lompat ke Laut

Muhammad Ali Sadad Jainahu, salah satu penumpang mengaku, api bermula dari kamar mesin kapal, kemudian dengan cepat merambat ke badan kapal. Para penumpang panik dan berupaya menyelamatkan diri mereka dengan mengunakan baju pelampung dan kemudian terjun ke laut.

“Jadi, peristiwa yang terjadi itu api dari mesin kapal, kami panik karena api dari belakang kapal dari kamar mesin semakin membesar. Kita semua lari ke anjungan kapal, kemudian ABK memberikan pelampung kepada semua penumpang. Kami terapung di atas laut kurang lebih selama 2 jam baru ada pertolongan, alhamdulillah kami selamat semua,” ucap Muhammad Ali Sadad kepada kepada MNC Media.

Baca Juga:  Tim Gabungan Diterjunkan Cari dan Beri Pertolongan Para Korban KM Karya Indah yang Terbakar

Sementara Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah mengatakan, setelah menerima informasi, Tim Rescue Unit Siaga SAR Sanana berangkat menuju ke LKP untuk melaksanakan Pencarian dan Pertolongan menggunakan RIB 01, Estimasi Waktu tiba di LKP pukul 10.23 WIT.

"Petugas kemudian melakukan evakuasi para penumpang sehingga semuanya dalam kondisi selamat,” tuturnya. 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini