Ini Langkah Pemerintah Indonesia Dukung Pembangunan Palestina Usai Diserang Israel

Dominique Hilvy Febiani, MNC Media · Sabtu 29 Mei 2021 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 29 337 2417082 ini-langkah-pemerintah-indonesia-dukung-pembangunan-palestina-usai-diserang-israel-Upep1pCGrN.jpeg Dukungan untuk Palestina. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia memastikan mendukung total pembangunan Palestina usai konflik dengan Israel. Kepastian itu disampaikan Direktur Timur Tengah, Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri, Bagus Hendraning Kobarsyih.

Dia mengatakan, salah satu bentuk dukungan itu adalah dengan menjalin kerja sama dengan pihak swasta untuk memberikan bantuan kepada Palestina dalam berbagai bidang.

"Pemerintah dan swasta di Indonesia saling bersinergi untuk menjalin kemitraan dengan Palestina untuk turut serta membantu usaha kecil dan menengah di Palestina dalam sektor bisnis, pertanian, dan manufaktur," ujarnya.

Baca juga: 4 Fakta Juru Parkir Temukan Duit Segepok Lalu Disumbangkan ke Palestina

Bagus menyampaikan hal itu saat menghadiri kuliah umum virtual Universitas Al-Azhar Indonesia, Jumat (29/05/2021). Selain itu, Indonesia turut mendukung otonomi Palestina dengan memperkuat hubungan bilateral di berbagai bidang guna membangun kemitraan ekonomi. 

"Palestina melaksanakan program peningkatan kapasitas bagi pemerintah dan masyarakat melalui seluran bilateral dan multilateral UNRWA dan ICBC," ujar Bagus.

Baca juga: PBB Akan Selidiki Dugaan Pelanggaran dan Kekejaman Selama Konflik Hamas-Israel

Ia memaparkan bahwa dukungan Indonesia untuk independensi Palestina yakni dengan cara tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, mendukung pengakuan internasional, dan mengawasi masalah Palestina sebagai perhatian Internasional.

"Indonesia mendukung pengakuan internasional dari PBB, NAM, OIC untuk Palestina," kata Bagus.

Konflik Israel-Palestina kembali memanas dan memasuki babak baru, diawali dengan penyerangan Masjid Al Aqsa oleh petugas Israel pada 10 Mei 2021. Kini situasi semakin parah dengan banyaknya anak-anak tak berdosa yang menjadi korban. 

Acara ini menyatakan kecaman keras terhadap serangan Israel, mendukung sikap Pemerintah Republik Indonesia yang tetap memperjuangkan pembebasan rakyat Palestina.

Melalui acara ini diharapkan dapat mengeratkan solidaritas sesama umat manusia agar tidak ada lagi penindasan serta mengurangi beban dan menyembuhkan rasa pilu yang dialami warga sipil di Palestina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini